h1

HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PEMBERIAN KEBUTUHAN NUTRISI DENGAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA DALAM PEMENUHAN NUTRISI DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh: Yeyen Mulyaningsih

ABSTRAKSI

Lansia mengalami persoalan khusus tentang nutrisi. Mereka beresiko tinggi menderita malnutrisi. Perawat berperan sangat penting dalam pemenuhan nutrisi lansia. Pelaksanaan pemberian kebutuhan nutrisi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan lansia untuk mendapatkan hidup sehat, produktif dan bahagia. Secara khusus aktivitas makan perlu diperhatikan, karena nutrisi merupakan asupan terpenting untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari lansia. Hasil wawancara dengan 12 lansia yang menjalani perawatan, mengatakan aktivitas makannya terabaikan, lansia mengeluhkan rasa lemas, berat badan menurun dan malas beraktivitas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pelaksanaan pemberian kebutuhan nutrisi dengan tingkat kepuasan lansia dalam pemenuhan nutrisi di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah lansia yang menjalani perawatan dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang berjumlah 32 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan korelasi Kendall`s tau, karena kedua variabel berbentuk ordinal. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pelaksanaan pemberian kebutuhan nutrisi dengan tingkat kepuasan lansia dalam pemenuhan nutrisi di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta, karena mempunyai nilai korelasi koefisien sebesar 0,552 dengan taraf signifikan yaitu 0.000 (P<0,01).

Kata kunci: kebutuhan nutrisi, pelaksanaan pemberian, tingkat kepuasan lansia.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. Saya mau contoh quisionernya donk sebelum dan sesudah senam lansia


  2. saya juga bisa minta yang seterusnya nggak


  3. bisa minta terusannya???


  4. sy ingin lihat selengkapnya Bu…bolehkah/bgmn crnya?t.k sblmnya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: