h1

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN KARIOGENIK DENGAN KARIES GIGI PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUKAMUKTI CIAMISJAWA BARAT

3 Mei 2009

Nurul Huda

ABSTRAKSI

Latar belakang : Diperkirakan 90% anak-anak usia sekolah di seluruh dunia dan sebagian besar orang dewasa pernah menderita karies Beberapa penelitian yang pernah dilakukan memperlihatkan adanya indikasi adanya hubungan antara konsumsi makanan manis(kariogenik) dengan karies gigi.

Tujuan : Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran mengenai frekuensi konsumsi makanan kariogenik dengan  karies gigi pada anak serta untuk mengetahui hubungan antara konsumsi makanan kariogenik dengan karies gigi pada anak Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamukti Ciamis Jawa Barat.

Metode :  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif atau data yang dikumpulkan dalam angka-angka dan merupakan penelitian non eskperimen dengan menggunakan cross sectional. Sampel penelitian adalah anak Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamukti Ciamis Jawa Barat kelas 1, 2 dan 3 sebanyak 65 anak kemudian setelah dimasukan rumus dan diinklusi, eksklusi diperoleh sampel 56 anak. Proses pengambilan data menggunakan kuesioner untuk data konsumsi makanan kariogenik, sedangkan untuk data karies gigi diperoleh dengan melakukan pemeriksaan gigi oleh perawat gigi. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 24-26 Mei 2006. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk mencari hubungan digunakan analisis uji korelasi kontingensi (Contingency Coeffcient (C)).

Hasil dan kesimpulan :Prosentase karies gigi pada anak Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamukti Ciamis Jawa Barat kelas 1, 2, dan 3 yaitu 47 anak ( 84%). Makanan kariogenik yang paling sering dikonsumsi oleh anak-anak Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamukti Ciamis Jawa Barat kelas 1, 2, dan 3 yaitu permen dan coklat dimana konsumsi makanan ≥ 3x perhari kesimpulan penelitian ini yaitu Ada hubungan antara konsumsi makanan kariogenik anak dengan karies gigi pada anak Sekolah Dasar Negeri 1 Sukamukti Ciamis Jawa Barat ( p< 0,05) (x²hitung > x²tabel).

Kata kunci : konsumsi makanan kariogenik,  karies gigi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

15 komentar

  1. Bisa kirim ke email saya? Makasiiii


  2. bisa minta skripsi lengkapnya,,??


  3. send emaiL Q yaa..
    pLiiiiiss……….


  4. kalau boleh minta tulisan lengkapnya ke emailku.buat tambahan referensi. makakasih.


  5. bisa dikirimkan tulisannya yang lengkap ke emailku??


  6. bisa tolong dikirimkan ke emailku??


  7. kirim ke emailku ndang


  8. bisa minta yg lengkap ga??
    bust referensi skripsi,,makasih


  9. ass..
    klo bisa mnta tulisan lengkapx ke e_mailku..
    pleaseeee… makasih sblmx.


  10. bisa mnta yang lengkapnya.. mau di tmbahin sbg referensi skripsi.. Ty b4 aftr ^^


  11. minta jg donkk,,😦 skripsi aq niihh gk kelar2 ttg karies gigi


  12. krim ke email q donk….


  13. salam…
    boleh minta tulisan lengkapnya dong,,buat dijadiin refrensi soalnya,,penelitiannya mirip cuma beda tempat,,kami di sulawesi selatan trus sampelnya juga dari kelas 1-6 SD. kirim ke e-mail ku yaah pleesee..
    makasiy


  14. Kirim ke emailq tq…


  15. kirim ke alamat emailaq ya pleaseee



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: