h1

EFEKTIFITAS METODE KONSELING DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN IMUNISASI CAMPAK DI PUSKESMAS KARANGMOJO II GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : YAHYA WAHYUDI

ABSTRAKSI

Imunisasi campak merupakan kegiatan pelayanan kesehatan rutin sehari-hari. Bayi yang telah di imunisasi lengkap (berdasarkan cakupan campak) di 2 desa selama tahun 2006 ada 48 bayi dari 65 bayi, berarti cakupan imunisasi campak belum terpenuhi atau baru mencapai 73.85 %, target yang diharapkan Universal child Immunization (UCI) 80 %. Salah satu faktor yang mempengaruhi cakupan imunisasi campak tersebut adalah pengetahuan ibu terhadap pentingnya imunisasi campak untuk anaknya. Dengan pemberian pengetahuan melalui metode konseling diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan  ibu tentang imunnisasi campak di Puskesmas Karangmojo II Gunungkidul Yogyakarta”.

Merupakan penelitian deskriptif komparatif pendekatan quasi eksperiment yaitu dengan membandingkan tingkat pengetahuan sebelum dan setelah konseling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebelum dan setelah konseling pada responden yang melakukan imunisasi campak. Jumlah responden 32 orang.

Berdasarkan 32 responden, didapatkan karakteristik umur minimal 21 tahun dan maksimal 39 tahun, tingkat pendidikan SD sampai dengan SLTA, pekerjaan rumah tangga, petani dan wiraswasta. Tingkat pengetahuan sebelum konseling, 24 orang tahu dan 8 orang kurang tahun, setelah konseling 18 orang sangat tahu dan 14 orang tahu. Ada perbedaan pengetahuan sebelum dan setelah konseling dengan nilai signifikasi 0.000 < alfa 0.05.

.

Kata Kunci: Pengetahuan, Campak, Konseling.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. SAYA BOLEH MNTA CONTH SKRIPSI DARI BAB 1 SMPAI PENUTUP UNTUK BAHAN PELAJARAN??????????????????????/


  2. Tolong kirim kan materi skripsi ” EFEKTIVITAS METODE KONSELING DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN IMUNISASI CAMPAK DI PUSKESMAS KARANG MOJO II GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA ”
    Terima kasih atas bantuanya


  3. imunisasi memang untuk kekebalan tubuh anak atau balita, tapi untuk bahayabya penyakit campak bagaimana? apakah setelah diberikan imunisasi bahaya-bahaya penyakit tetap ada seperti tbc campak polio dan lain2



Tinggalkan komentar