h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TB PARU DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG 2008

3 Mei 2009

Suhardi

ABSTRAKSI

Latar belakang: Tingginya kasus TB paru di Puskesmas Pringsurat tahun 2007 sebanyak 42 ( CDR 88,4% ), menunjukan tingkat penularan TB paru masih tinggi. Pada studi pendahuluan didapatkan 75% dari 15 responden pasien TB paru pengetahuan dan sikapnya kurang mendukung prilaku pencegahan penularan penyakit TB paru Untuk itu diperlukan penelitian mengenai hubungan antara pengetahuan dan sikap pasien TB paru dengan perilaku pencegahan penularan TB paru di wilayah Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Tujuan penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap pasien TB Paru dengan perilaku pencegahan penularan TB Paru di Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Metode: Jenis penelitian deskriptif analitik, dengan rancangan Cross Sectional, dengan instrumen kuesioner. Penelitian dilakukan bulan Maret  – April 2008

Hasil penelitian: Sebagaian besar responden mempunyai tingkat pengetahuan yang baik, sikap positif dan berperilaku negative terhadap pencegahan penularan TB Paru. Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara pengetahuan pasien TB paru dengan perilaku pencegahan penularan TB paru di wilayah Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung dengan nilai p = 0,042 < 0,05 dengan kekuatan hubungan lemah ( C = 0,376 ) namun secara statistik bermakna ( p = 0,40 ) Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara sikap pasien TB paru dengan perilaku pencegahan penularan TB paru di wilayah Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung dengan nilai p = 0,032 < 0,05 dengan kekuatan hubungan lemah ( C = 0,368 ) namun secara statistik bermakna ( p = 0,40 )

Kesimpulan: Sebagaian besar responden mempunyai tingkat pengetahuan yang baik, sikap positif dan berperilaku negative terhadap pencegahan penularan TB Paru. Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara pengetahuan pasien TB paru dengan perilaku pencegahan penularan TB paru di wilayah Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung. Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara sikap pasien TB paru dengan perilaku pencegahan penularan TB paru di wilayah Puskesmas Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku Pencegahan Penularan TB

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

17 komentar

  1. saya mhsswa dari stikep ppni jawa barat . saya perlu jurnal tentang pengetahuan keluarga tentang tb
    . sikap keluarga trhdp tb
    . perilaku keluarga terhadap tb

    mohon bantuan ya . trimkasih bnyak .


  2. saya mahasiswa kedokteran unsyiah,sangat ingin membaca isi dr skripsi “HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TB PARU DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU DI WILAYAH PUSKESMAS PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG 2008” mohon dikirim utk saya, terima kasi banyak


  3. ass… saya mhs s1dri makassar yang tertarik bget dengan hubungan antara pengetahuan dan sikap pasien TB Paru dengan perilaku pencegahan penularan TB Paru. tolong minta data skripsinya di email saya


  4. sya mhsw s1 kep sedg menyelesaikan tugas akhir tlng krim skripsi “hub prilaku kes.masarakat terhadap upaya pencegahan penyakit TB paru” tlang bals ke email sy


  5. tolong kirimin aku tentang hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan penularan tbc,,makasih


  6. Tolong dong


  7. boleh minta referensinya?


  8. please dong contoh skripsi ini sangat saya butuhkan.blh minta di kirimin ga ke email saya?….


  9. saya mahasiswa yang tertarik untuk mengetahui isi skripsi ini secara keseluruhan… bisa minta tolong dikirimkan ke e-mail saya y??? makasi sebelumnya


  10. bantu aq doank,,,file skripsi ttnh judul ini hub antara pengetahuan dan sikap pasien TB paru dengan perilaku pencegahan
    penularan TB


  11. saya mahasiswa yg sdang melakukan skripsi,, tolong kirim skripsi HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN TB PARU DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN TB PARU donk?? ke email saya thanks


  12. saya mahasiswa keperawatan yang sedang melakukan skripsi.tolong kirimkan datanya keemil saya


  13. aq mnta tlg sbg bhan tambahan skripsiq,aq ingin download full “hubungan pengetahuan penderita TB dengan pencegahan TB Paru “


  14. sy mhs usahid smster akhir mohon dikirim skripsi hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap klien tuberkulosis paru dalam upaya pencegahan penularan penyakit di puskesmas…..


  15. saya mahasiswa S1 Keperawatan,sedang menyelesaikan tugas akhir,tolong kirim Skripsi HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG ALAT PERMAINAN EDUKATIF DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DAN SKRIPSI YANG BERJUDUL PENGARUH PEMBERIAN IMUNISASI DPT TERHADAP PENINGKATAN SUHU TIBUH, tlng bls Ke email Saya trim’s


  16. saya mahasiswa S1 Keperawatan,sedang menyelesaikan tugas akhir,tolong kirim Skripsi hubungan pengetahuan dan Sikap Pasien TB paru dengan perilaku pencegahan TB Paru, tlng bls Ke email Saya boykeheri@yahoo.co.id trim’s


  17. Sy mhsw s1 bth riset ttg hub pgthuan skp dgn perilaku pencghan penulran pd tb paru.bgmn cr sy mdpt contoh risetx..tlg bls ke email sy inata.tyta@yahoo.co.id



Tinggalkan komentar