h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG KESEHATAN GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES PADA ANAK KELAS 1 – 3 SD NEGERI 3 SUMBER KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH 2008

3 Mei 2009

Sang Ayu Ketut Candrawati

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Penanganan masalah kesehatan gigi anak usia sekolah dasar masih bergantung pada pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi. Penyakit gigi yang sering diderita oleh anak-anak adalah gigi berlubang (karies gigi). Akibat dari gigi berlubang, dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu dalam upaya pencegahan terhadap penyakit gigi anak, memerlukan peranan ibu yang cukup besar dalam mendidik dan mengajarkan cara hidup sehat bagi anak-anaknya, sebab seorang anak akan memperoleh pengetahuan dan pendidikan tentang segala hal pertamakali dari ibunya.

Tujuan : Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dengan kejadian karies pada anak kelas 1 – 3 Sekolah Dasar Negeri 3 Sumber.

Metode : Deskriptif Analitik Koerelatif dengan rancangan Cross Sectional. Lokasi penelitian di SD Negeri 3 Sumber, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada tanggal 10 Mei 2008 dengan jumlah sampel 54 responden pasangan ibu dan anak. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha .

Hasil : Setelah dilakukan analisa data dengan menggunakan uji statistik Korelasi Kendall tau , maka didapatkan hasil nilai korelasi koefisien sebesar -0,514 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 hal ini menunjukkan nilai  0.05. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi dengan kejadian karies pada anak kelas 1 – 3 SD Negeri 3 Sumber.

Kata Kunci : Pengetahuan, Karies Gigi, Anak Sekolah.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

18 komentar

  1. boleh minta data yg lebih lengkap?
    trimakasih


  2. suka banget…mau lengkapnya donk…plisss


  3. trmksh banyak, boleh minta datanya yang lengkap gak,biar bisa buat belajar


  4. terimakasih mas,
    mas tolong materi lengkapnya untuk referensi skripsi saya..
    tolong kirimkan di alamt email saya


  5. boleh minta data yang lebih lengkapnya gak ………….?
    trimakasih…..


  6. bisa minta t\data lengkapnya??? terima kasih sebelumnya


  7. bsa minta data lengkapnya gak?


  8. tolong kirim versi lengkapnya ke email saya donk mas.. thanks 🙂


  9. Maaf saya butuh data lengkapnya, bisa bantu saya??
    Saya akan kirim email permohonan jg..
    Terimakasih..


  10. boleh minta data yg lebih lengkap?
    trimz


  11. mantap


  12. mantap sekali ni..bantu dunk minta yg lengkapnya


  13. bisa krim kn sm sya liat kerangka Konsep na


  14. maaf, saya minta data lengkapnya untuk skripsi saya, karena saya bingung mw judul yang mana??? mohon bantuannya, trims banyakkk…..


  15. bisa saya minta data lengkapnya untuk referensi penelitian saya,sebelumnya terima kasih


  16. BAIK SEKALI, TRIMAKSH
    MAULAH LENGKAPNYA


  17. akhamdulilah…trimakasih untuk infona.. sgt membantu… mau lengkapnya dunk,,pliss


  18. info bermanfaat, trims info nya….:)



Tinggalkan komentar