h1

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N I WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

Oleh : Ferry Harjanti

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Faktor yang mempengaruhi status Personal Hygiene pada anak RM adalah tingkat IQ. Orang tua dan keluarga merupakan lingkungan paling dekat dengan anak, tempat berinteraksi pertama kali. Ketidakmampuan anak RM dalam menjaga status kebersihan diri tidak lepas dengan tipe RM yang dialami. Pola Asuh orang tua menjadi factor utama penentu status personal hygiene pada anak RM.

Tujuan: Diketahuinya hubungan antara pola asuh orang tua dengan status personal hygiene pada anak Retardasi Mental di SLB N I Wonosari Gunungkidul.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang termasuk dalam penelitian korelasional. Responden diambil dengan menggunakan metode Non Probability sampling dari 98 responden menjadi 45 orang. Untuk menguji hipotesis hubungan antara suatu variable independent (pola asuh orang tua) dengan suatu variable dependen (Status Personal Hygiene) menggunakan analisis korelasi kendall tau.

Hasil: Uji kendall tau menunjukkan adanya hubungan yang positif, hal ini menunjukkan bahwa nilai p<0,005 berarti bahwa terdapat hubungan yang positif sebesar 0,696atau 69,6 antara pola asuh dengan status personal hygiene pada anak RM. Serta biasanya apabila dalam correlation coefisien ada tanda (**) menunjukkan adanya korelasi adanya hubungan baik atau signifikan.

Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan status personal hygiene pada anak RM di SLB N I Wonosari Gunungkidul Yogyakarta.

Kata Kunci: Pola Asuh, Status Personal hygiene, Retardasi Mental (RM)

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. maaf agan dan sista, tolong kirimkan file ” HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N 1 GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008″ TERIMA KASIH.


  2. tolong minta dikirimkan filenya HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N I WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008


  3. minta file”nya donk buat nambah” eferensi saya. please….


  4. minta tolong donk kirimkan file tentang “HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N 1 WONOSARI GUNUUNG KIDUL YOGYAKARTA 2008” soalnya mau buat bahan referensi saya. sebelumnya trimakasih


  5. mnta file’ny dunkk ..please


  6. mnta filenya dong saya lagi penelitian dgn jdul ini


  7. tolong kirim ke e-mail saya tata cara mendapatkan referensi skripsi ini

    trim’s


  8. mbak, tolong kirimin HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL. Soalnya yg saya teliti berkaitan dgn judul tsb. Makasih atas bantuanny.


  9. tolong dong kirimkan file tentang “HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN STATUS PERSONAL HYGIENE PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N I WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008”


  10. ada file yang lengkap lagi???


  11. saya ingin tau tentang parameter untuk mengukur pola asuh orang tua dalam penelitian hubungan pola asuh orangtua dengan status personal higyene pada anak retardasi mental oleh ferry harjanti



Tinggalkan komentar