h1

HUBUNGAN ANTARA PERILAKU IBU DALAM PEMBERIAN SUSU PENDAMPING ASI DENGAN KEJADIAN KARIES BOTOL PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI RW 10 KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

NI LUH GEDE PUSPITA YANTI

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Ibu mempunyai anggapan bahwa dengan memberikan susu pendamping ASI akan memberi gizi yang baik untuk anak. Namun perilaku yang salah dari ibu dalam memberikan susu pendamping ASI, diantaranya penggunaan botol dalam memberikan susu, menambahkan gula dalam susu, frekuensi pemberian susu lebih dari 2 kali dalam sehari, waktu atau lama pemberian susu lebih dari 1 tahun, serta cara membersihkan gelas/botol/dot yang kurang benar, ternyata berdampak tidak baik untuk anak, yaitu dapat mengakibatkan terjadinya karies botol, hal ini karena adanya proses fermentasi substrat (laktosa) oleh mikroorganisme dalam mulut.

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara perilaku ibu dalam pemberian susu pengganti ASI dengan kejadian karies botol pada anak usia 1-3 tahun di RW 10 Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.

Metode Penelitian : Jenis penelitian observasional dan bersifat deskriptif analitik korelatif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh, sehingga diperoleh sebanyak 32 responden. Lokasi penelitian di RW 10 Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta dan waktu pengambilan data yaitu tanggal 18 Mei 2008. Pengolahan data penelitian dengan menggunakan Uji Korelasi Kendall Tau (τ).

Hasil : Dalam penelitian ini diperoleh nilai korelasi Kendall Tau (τ) sebesar 0.651 atau 65,1% dengan α = 0,05 sedangkan p = 0,000 (p<α), artinya Ho ditolak.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara perilaku ibu dalam pemberian susu pendamping ASI dengan kejadian karies botol pada anak usia 1-3 tahun di RW 10 Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta.

Kata Kunci : Perilaku ibu, anak usia 1-3 tahun, karies botol.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. boleh mnta skripsi lngkapnya mbak atw mas??


  2. Penelitiannya menarik, boleh minta selengkapnya?


  3. bgm cara mendapatkan proposal/skripsi hubungan antara perilaku ibu dalam pemberian susu pendamping ASI dengan kejadian karies botol pada anak usia 1-3 tahun.


  4. boleh minta lanjutanya gag?gmn donk carax?


  5. boleh minta yang lengkapnya ttg artikel di atas..


  6. Boleh minta lebih lengkapnya tentang “ hubungan antara perilaku ibu dalam pemberian susu pendamping ASI dengan kejadian karies botol pada anak usia 1-3 tahun.


  7. bgm cara mendapatkan proposal/skripsi diatas



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: