h1

HUBUNGAN ANTARA SENAM LANSIA DENGAN KEMANDIRIAN MELAKUKAN AKTIVITAS DASAR SEHARI-HARI DI PSTW UNIT BUDHI LUHUR KASONGAN BANTUL YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Novita Ardiyanti

ABSTRAKSI

Senam lansia adalah suatu bentuk latihan fisik yang berpengaruh terhadap kemampuan fisik lansia. Aktivitas dasar sehari-hari yaitu kemampuan seseorang untuk mengurus dirinya sendiri. Banyaknya lansia yang masih membutuhkan bantuan dalam memenuhi aktivitas dasar sehari-hari dan sebagian besar lansia membutuhkan perhatian lebih, pengawasan dan pemantauan ketat dalam melakukan senam. Kondisi ini akan membawa dampak yang buruk bagi lansia yaitu tingkat ketergantungan lansia. Senam lansia yang dilakukan secara aktif akan berpengaruh positif terhadap tingkat kemandirian lansia dalam memenuhi aktivitas dasar sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara senam lansia yang menjadi variabel bebasnya dan kemandirian melakukan aktivitas dasar sehari-hari yang menjadi variabel terikatnya.

Jenis penelitian ini adalah inferensial analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian senam lansia dalam kategori sangat baik (90,57%). Kemandirian melakukan aktivitas dasar sehari-hari dalam kategori mandiri (96,23%). Hubungan natara senam lansia dengan kemandirian melakukan aktivitas dasar sehari-hari di uji dengan menggunakan uji statistic pearson product moment dengan nilai signifikan p = 0,000 dan taraf kepercayaan α = 0,01 dengan r hitung = 0,735 sehingga H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara senam lansia dengan kemandirian melakukan aktivitas dasar sehar-hari di PSTW unit Budhi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta.

Kata kunci : Senam lansia, Kemandirian melakukan ADS

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

31 komentar

  1. minta lengakpx dong lg butuh banget utk referensi.makasih


  2. saya minta tolong krm kan semua data ttg penelitian ini karena saya sedang mengambil skripsi terkait dengan KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN ADL
    beserta kuesionernya yea
    makasih


  3. selamat siang,,,, boleh minta file lengkapnya ga???? skripsi saya juga ttg ituu,, mksh


  4. Tlg bagi filex yach……. mksh………..


  5. tolong kirimi file lengkapnya ya, untuk referensi penelitian saya, tkb


  6. Bagi ya file nya, buat dijadikan referensi saya yang akan melakukan penelitian tentang senam lansia


  7. assalamualaikum..boleh minta file lengkapnya? buat dijadiin referensi skripsi saya..kirim ke e_mail saya makasi banyak sebelumya…


  8. selamat siang,,apa saya bisa minta data selengkapnya?terima kasih


  9. saya minta tolong krm kan semua data ttg penelitian ini karena saya sedang mengambil skripsi terkait dengan KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN ADL
    beserta kuesionernya yea
    makasih


  10. slmat sore
    mohon untuk dikirim file selengkapa nya beserta koesioner nya, trimkasih…


  11. tolong kalau bisa saya minta dikirim ke email saya, untuk menambah sumber mengenai skripsi yg saya ambil. terimakasih 🙂


  12. minta file selengkapnya


  13. boleh mnta file.na gag,
    wat refrensi proposal nie
    makasih…


  14. Salam kenal, saya utari mbak, saya boleh minta semua file tentang skripsi ini g? karena saya ingin mengambil judul tentang senam lansia…
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih… ditunggu ya mbak


  15. bleh tdk sy mnta file lengkapx?? bs krim ke emailku gak??
    buat refrensi….
    makasih sblmx…


  16. bleh mnta file lengkapnya gak?? bwt rfrensi skripsi…
    klo bs, krim ke email yah…
    mksih….


  17. mbk bsa tlg mnta data selengkapnya ga??sma kuesionernya.mksih mbk sya tggu scpatnya,,


  18. aq mw minta filenya bisa ga,,,, tolong ya…. 😦


  19. jika di ijinkan,,,, sya mw minta filnya yg lengkap kerna sya lg butuh banet,,, terimakasi 🙂


  20. Boleh minta data selengkapnya gak??? bisa krim ke emailku gak??
    ditunggu ya.. makasi 🙂


  21. bz tdk sy minta file lengkapnya?????


  22. sya boleh tidak minta file untk referensi”a…
    sya masi skripsi ttg tgkat pengetahuan mengikuti senam lansia…
    minta tlg dunk…. pliisss

    tmaksi..


  23. bisa minta datanya lebih lengkap ga????
    soalnya penelitian saya juga tentang senam lansia…
    makasi…


  24. tolong donk kirimin data²nya ke e-mail ku… soalnya penelitianku sama


  25. boleh minta data semuanya ga?? makasih..


  26. minta selengkap nya ya.. makasih !!


  27. minta selengkapnya ya.. makasih!!


  28. boleh gag minta semua datanya? makasih……..


  29. boleh minta semua datanya gak?
    makasih….
    🙂


  30. Saya minta tolong kirimkan semua data ttg penelitian, karena saya sedang mengambil thesis terkait kemandirian aktivitas sehari-hari lansia.tkb


  31. Sya mnta tlng krimin smua dta ttg pnelitianny beserta kuesionerny.maksh.



Tinggalkan komentar