h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KETEKUNAN MENGIKUTI PROGRAM DOTS PENDERITA TB PARU DI PUSKESMAS KEMUSU II BOYOLALI JAWA TENGAH

3 Mei 2009

Ridwan

ABSTRAKSI

Kejadian kasus TB Paru di Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia karena banyak kendala dalam menghadapi kasus ini, drop out pengobatan menjadi salah satu faktornya. Pemerintah menjalankan strategi pengobatan TBC selaam 6-8 bulan yang disebut Direcly, Observed, threatment, Shortcourse (DOTS) untuk memberantas penyakit ini. Obat dapat diperoleh di tiap puskesmas seluruh Indonesia secara cuma-cuma. Di Puskesmas Kemusu II diketahui penderita TBC pengobatan tidak teratur sebanyak 16,13%. Sebagian besar penduduknya mempunyai tingkat pendidikan formal yang rendah.

Penelitian ini bertujuan diketahuinya hubungan antara tingkat pendidikan dengan ketekunan mengikuti program DOTS pada penderita TB Paru.

Jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional, lokasi penelitian di wilayah kerja Puskesmas Kemusu II Kabupaten Boyolali, jumlah sampel 31 orang, pengambilan sampel dengan total populasi. Data dianalisis secara deskriptif, dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu chiSquare. Variabel bebas : tingkat pendidiakn formal. Variabel terikat : ketekunan penderita dalam menjalani pengobatan TB Paru jangka pendek (DOTS)

Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan responden 61% SD, 19% SMP, 13% SMA, 6 % perguruan tinggi. Tingkat pengetahuan dan ketekunan responden rata-rata sebesar 82%. Berdasarkan hasil analisis bivariat diperoleh taraf signifikan (p) adalah 0,683 (p>0,05), dengan demikian tidakada hubungan antara tingkat pendidikan denagn ketekunan penderita TB dalam mengikuti program DOTS.

Kata kunci :hubungan, tingkat pendidikan, ketekunan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. Makalah sangat menarik boleh saya mendapat isinya yang lengkap.


  2. boleh minta artikel lengkapnya?


  3. bahasannya bagus bisa minta makalah lengkapnya



Tinggalkan komentar