h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU POSTPARTUM DENGAN SIKAP IBU DALAM PERAWATAN PAYUDARA DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK BHAKTI IBU YOGYAKARTA

3 Mei 2009

YULI KARLINA

ABSTRAKSI

Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu Yogyakarta sebagai Rumah Bersalin yang cakupan persalinan dalam satu tahun sekitar 720 pasien dengan berbagai indikasi persalinan. 70% ibu postpartum tidak memahami tentang perawatan payudara yang benar.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan masalah “Apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu postpartum dengan sikap ibu dalam perawatan payudara di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu Yogyakarta”.

Tujuan penelitian adalah : 1) untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu postpartum dengan sikap ibu dalam perawatan payudara. 2) untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu postpartum tentang perawatan payudara. 3) untuk mengetahui gambaran sikap ibu postpartum dalam perawatan payudara. Jenis  penelitian yang bersifat deskriptif analitik kolerasi dengan rancangan cross sectional dengan menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah ibu-ibu postpartum multipara yang melahirkan di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu Yogyakarta pada tanggal 23 April 2007 sampai 19 Mei 2007 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner untuk mengetahui pengetahuan dan sikap ibu postpartum.

Hasil yang diproleh disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik kolerasi produk moment menurut Spearman Rho dengan tingkat signifikan  : 5% didapatkan hasil  : 0.763, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu postpartum tentang perawatan payudara sebagian besar kategori cukup, sikap ibu postpartum dalam perawatan payudara sebagian besar kategori cukup, ada hubungan yang kuat antara tingkat pengetahuan ibu postpartum dengan sikap ibu dalam perawatan payudara di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak Bhakti Ibu Yogyakarta.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perawatan Payudara, Deskriptif, Cross Sectional, Kolerasi Spearman Rho

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. bila di perbolehkan mohon dikirim isi sripsi dengan judul ini. karena sya tertarik denngan judul itu. makasih atas bantuannya. tolong banget, buat skripsi aku.


  2. bntu krimkan kti tentang Gambaran pengetahuan ibu hamil dan sikap tentang perawatan payudara


  3. tolong dengan sangat hormat untuk dikirimkan isi dari judul ini untuk dijadikan bahan penyusunan skripsi saya


  4. tolong bantu saya dapatin referensi tau diskrip tentang “tingkat pengetahuan ibu post partum tentang perawatan payudara”. please,,,,,sya mohon bgt di kirimkan ke email saya…….


  5. saya tertarik dengan judul ini.. mohon di kirimkan isi skripsi ini bila di perbolehkan.. dan saya ucapkan terima kasih byk atas bantuannya..


  6. Assalammu’alaikum…
    tolong bantuananya kirimkan referensi tentang HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU IBU POST PARTUM DALAM PERAWATAN PAYUDARA…
    tolooooooonggggg yaaaa buat tambahan referensi KTI saya…
    dan bisa tolong kirimi contoh KTI yg berhubungan dengan judul KTI saya??? pleaseee….
    kirim ke alamat e-mail saya..


  7. Tolong juga kirimi Softcopy-nya tapi kalo ada lebih naik yang selama hamil. Tolong banget, Buat Skripsiku


  8. tolong bantu kirimkan draf artikel tentang perilaku ibu hamil ttg perawatan payudara selama hamil



Tinggalkan komentar