h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA TENTANG HIPERTENSI DENGAN UPAYA MENGENDALIKAN HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA PUSKESMAS SEMIN I GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

SUMADI

ABSTRAKSI

Menurut pengamatan WHO, selama 10 tahun terakhir, terlihat bahwa jumlah penderita hipertensi yang dirawat di berbagai rumah sakit meningkat lebih dari 10 kali lipat. Prevalensi hipertensi di Indonesia yang ditentukan berdasarkan kriteria ambang hipertensi (bordeline hypertention) yaitu tekanan darah dengan rentang antara 140/90 – 159/94 mmHg, diperkirakan 4,8-18,8%. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan 30 lansia, 20 (67%) lansia tidak mengetahui atau memahami tentang hipertensi dan upaya pengendaliannya, sedangkan 10 (33%) lansia mengetahui dan memahami tentang hipertensi dan upaya pengendaliannya.

Tujuan umum penelitian adalah untuk diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan lansia tentang hipertensi dengan upaya mengendalikan hipertensi di Posyandu Lansia Puskesmas Semin I Gunungkidul tahun 2008. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk diketahuinya tingkat pengetahuan lansia tentang hipertensi dan upaya mengendalikan hipertensi. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh lansia di Posyandu Lansia Puskesmas Semin I Gunungkidul bulan November 2007 sampai dengan Februari 2008 yang jumlahnya 367 orang. Sampel penelitian adalah semua lansia yang memenuhi kriteria inklusi yang jumlahnya 50 sampel yang ditentukan dengan tekhnik acidental sampling. Pengumpulan data dengan metode angket kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisisi statistik korelasi Product Momment dengan bantuan program SPSS 13.0.

Hasil uji deskriptif diketahui Tingkat pengetahuan lansia tentang hipertensi 44 lansia (88%) cukup baik dan upaya lansia dalam mengendalikan hipertensi di Posyandu Lansia Puskesmas Semin I Gunungkidul 41 lansia (82%) cukup baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa variabel pengetahuan berhubungan secara bermakna dengan upaya lansia mengendalikan hipertensi di Posyandu Lansia Puskesmas Semin I Gunungkidul tahun 2008. Angka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,676 dengan tingkat signifikansi 1%.

Kata kunci : Pengetahuan tentang hipertensi, upaya mengendalikan hipertensi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. Assalamu’alaikum..
    Saya bisa minta skripsi ini yg lengkapx gak? klo bsa, tlong krim ke email sya ya.
    Thanks


  2. boleh ngak kirim contoh proposal yg lengkap mngenai gambaran pengetahuan lansia tentang hipertensi…krim ajha lwat e-mail aku nii novita.itha@gmail.com


  3. Ass….
    Saya bole mintak skripsi ini g???? Gimana caranya????
    Tolong d konfirmasi segera k email saya yaaa…..
    Trims….


  4. ass..
    saya butuh judul kripsi ini saya harap file nya di kirim ke email saya.

    terimakasih..


  5. salam….. saya ingin skripsi lengkapnya tentang hubungan antara tingkat pengetahuan lansia tentang hipertensi dengan upaya mengendalikan hipertensi di posyandu lansia puskesmas semin 1 gunung kidul yogyakarta 2008.
    mohon dikonfirmasi cara mendapatkannya, makasih…


  6. saya mau tolong di kirm ke email saya

    terima kasih


  7. saya bs mnt referensinya apa ja y?,trmksh sblmnya


  8. boleh mnta yg lengkap gk segera ??


  9. sy tertarik dg skripsinya..Pa..u/tambahan referensi bgmn cr dpt slgkpnya?bs dikirim ke imel sy ga Pa?mkasi sblmnya..


  10. .asss,, saya butuh selengkapnya tentang
    HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA TENTANG HIPERTENSI DENGAN UPAYA MENGENDALIKAN HIPERTENSI DI POSYANDU LANSIA PUSKESMAS SEMIN I GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008
    3 Mei 2009
    SUMADI
    Harap di knfirmasi bagaimana cara mendapatkanya



Tinggalkan komentar