h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KONTRASEPSI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI SUNTIK DMPA DI DESA DENGOK PADANGAN BOJONEGORO

3 Mei 2009

Oleh : Richy Mareta

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Kontrasepsi merupakan cara untuk mengatur kehamilan yang cukup efektif etelah program KB dilaksanakan. Pemilihan alat kontrasepsi umumnya merupakan suatu keputusan yang dilandaskan sebagai pertimbangan akseptor (PUS) yang berkaitan dengan pilihan pribadi metode yang disediakan atau memilih metode kontrasepsi yang terbaik dan cocok untuk dirinya. Pengetahuan tentang alat atau cara keluarga berencana merupakan factor yang menentukan seseorang untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan pasangan usia subur tentang kontrasepsi dengan pemilihan metode kontrasepsi suntik DMPA.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitin non eksperimental dengan pendekatan Cross Sectional. Subyek penelitian ini adalah pasangan usia subur yang menjadi peserta keluarga berencana aktif yang tercatat pada laporan peserta keluarga berencana aktif dari PLKB sampai Juli 2007 di Desa Dengok Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Sample penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Data analisis dengan menggunakan uji statistic Chi Square.

Hasil : Terdapat hibunga antara tingkat pengetahuan pasangan usia subur tentang kontrasepsi dengan pemilihan metode kontrasepsi suntik DMPA yang signifikan. Dengan pengetahuan yang baik tentang alat/cara pemakaian kontrasepsi akan diikuti oleh semakin tingginya tingkat pemakaian kontrasepsi atau dengan pengetahuan yang baik dapat meningkatkan kesadaran untuk memakai metode kontrasepsi yang sesuai, ditunjukkan dengan hasil Chi Square (X2) = 6,702 dan nilai p = 0,010.

Kesimpulan : Pengetahuan yang baik dapat meningkatkan kesadaran untuk memakai metode kontrasepsi yang sesuai.

Kata Kunci : Pengetahuan, PUS, Kontrasepsi, Metode Suntik DMPA.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. aku mau KTI yang lengkap boleh g?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: