h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI DESA GONILAN KARTASURA 2008

3 Mei 2009

SRIYANA

ABSTRAKSI

Latar belakang. Air Susu Ibu (ASI) eksklusif (pemberian ASI tanpa makanan pendamping kepada bayi sampai berumur 6 bulan) sangat penting bagi ibu-ibu terutama ibu yang baru mempunyai bayi atau menyusui. Menurut Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) 1997 bahwa hampir semua bayi (96,3%) di Indonesia pernah mendapat ASI, tetapi (SDKI) 1997 juga menunjukkan konsumsi makanan pendamping ASI (MP-ASI) di usia dini cukup besar yaitu sebanyak 35% pada bayi usia kurang dari 2 bulan sebanyak 37% pada bayi usia 2 – 3 bulan.

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif berkaitan erat dengan pemberian ASI Eksklusif. Sedangkan

Metode. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan study croossectional. Penelitian di laksanakan selama kurang lebih 1 bulan, dengan responden 60 ibu yang menyusui bayi berusia 0 – 6 bulan, dan usia ibu 20 – 35 tahun.

Hasil dan kesimpulan. Hasil perhitungan Chi – Square menunjukkan (c2) hitung lebih besar dari (c2) tabel dengan nilai ( c2 = 9,268) dan nilai (p = 0,002) berarti ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan pemberian ASI Eksklusif dengan tingkat kemaknaan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif memiliki kaitan yang erat dengan pemberian ASI Eksklusif. Sehingga perlu diupayakan adanya penyuluhan dan penyebaran informasi pada setiap sarana kesehatan atau sarana persalinan agar ibu-ibu yang baru memiliki bayi supaya memberikan ASI Eksklusif.

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, pemberian ASI Eksklusif

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

28 komentar

  1. minta tolong dikirim judul dan isi lengkap skripsi ini, trims


  2. mohon dikirim ke email saya.. saya tertarik dengan ini. terima kasih


  3. saya minta tolong skripsi selengkapnya… karna saya tertarik dengan judul ini…. trimakasih sebelumnya……….


  4. bisa gak dikirim k email saya secepatnya …


  5. Assalamuaikum, saya juga tertarik dengan tema ini, apakah bisa dikirimkan ke email saya ? Terima kasih.


  6. kak tolong yah datanya dkrim yg lengkap ke email saya…
    makasih yah.


  7. tolong dong kirim datanya yang lengkap….
    ke email saya…..
    makasih sebelumnya…


  8. mas saya ,mau pesan skripsi dengan judul ini ,gmana caranya y?


  9. tlong krim diemail saya judul di ataz.lgkp.. thankz


  10. tolong donk krmin yg lgkp k alamat q


  11. mohon di kirim ke email saya datanya


  12. kak,, tolong dong, kirim selengkapnya di email aku..
    thanks sblumnya,,


  13. tolong donk skripsinya yg lngkap… pleaseeee!!!! krim k emailq ya…


  14. tolong bantu dong, kirim ke email saya……..trims duluan ya


  15. tlng kirim ke email saya lengkap dgn datanya dan sekalian skipsinya..makasi….


  16. kirim skripsi hubungan penagetahuan ibu tentang gizi terhadap berat badan balita


  17. assalamualaikum
    aya mahasiswa untan
    saya tertarik dgn judul ini untuk literatur skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂


  18. tolong kirim lengkapnya ke email saya.. thanks


  19. kirim skripsi hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang asi eksklusif pada bayi didesa


  20. tolong dong lengkapnya kirimin ke email saya


  21. tolong kirm kan skripsi nya yang lengkap ke email saya


  22. boleh gak kirimin materinya yang lengkap ke email saya.tx


  23. mohon dikirim data yang lengkap sebagai perbandingan saja,,
    terima kasih


  24. kak mohon skripsi selengkapnya kak….. bisa…..?
    krm ke email saya………..


  25. minta data2,ttg ASI eksklusif dung. mw bikin KTI nie..


  26. mohon dikirim Lengkapnya ke emaiL saya…. trimakasih.

    ttd Rafi Rizki


  27. tolong dong skripsinya yang lengkap…..


  28. boleh g selengkapnya di tampilin tentang judulnya…thanks



Tinggalkan komentar