h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU MARGI RAHAYU DESA SODITAN RT 09 KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH

3 Mei 2009

Natalia Devi Oktarina

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Jumlah balita yang mengalami gizi buruk di Jawa Tengah pada tahun 2005 sebanyak 9,87 % dari jumlah balita yang ada di Jawa Tengah. Jumlah tersebut naik menjadi 14,8 % pada tahun 2007. Salah satu faktor penyebab masalah gizi yang terjadi yaitu tingkat pengetahuan ibu tentang gizi.

Tujuan : Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi pada balita di Posyandu Margi Rahayu, desa Soditan RT 09, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh ibu – ibu yang memiliki balita berumur 12 – 59 bulan yang berada di Posyandu Margi Rahayu, desa Soditan RT 09, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dengan jumlah 34 orang. Proses pengambilan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang gizi, sedangkan status gizinya menggunakan indeks antropometri. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan Korelasi Kendall Tau (τ).

Hasil dan Kesimpulan : Tingkat Pengetahuan ibu paling banyak yaitu tingkat pengetahuan cukup dengan jumlah 16 ibu (47,1%), sedangkan untuk status gizi yang paling banyak yaitu status gizi baik sebanyak 20 balita (58,8%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita yaitu sebesar 0,513 (r hitung > r tabel) denga tingkat signifikansi p<0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan ibu tentang gizi maka semakin tinggi pula status gizi balita.

Kata kunci : Pengetahuan, Ibu, Status Gizi, Balita, Posyandu

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. saya tertarik dengan judul ini untuk skripsi, bisa tolong di kirim ke email saya … mohon bantuannya ya.. 🙂


  2. assalamualaikum
    aya mahasiswa untan
    saya tertarik dgn judul ini untuk literatur skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂


  3. tolong donk… aku bisa dapat yang lengkapnya…tolong y… cito euy…


  4. Mbktlong kirim yang lengkap jurnal kebidanan dengan judul hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang status gizi balita di posyandu margi rahayu rembang jawa tengah.terima kasi


  5. tolong donk aku bisa dapatkan/download skripsi mu lengkap



Tinggalkan komentar