h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MENYUSUI DENGAN KETEPATAN POSISI MENYUSUI DALAM PEMBERIAN ASI DI DESA WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

3 Mei 2009

Oleh : Fauna Andriyani

ABSTRAKSI

Latar belakang : Dari studi pendahuluan di desa Wukirsari sebelah barat yaitu di dusun Sindet, Singosaren, Manggung, Bendo dan Pundung  pada 10 ibu menyusui dapat diketahui bahwa terdapat 7 ibu menyusui dengan pengetahuan baik, saat  menyusui pada posisi yang tepat yang ditandai dengan sebagian besar areola ibu masuk kemulut bayi,  kepala dan badan bayi berada dalam satu garis lurus, badan bayi menghadap badan ibu dan pada 3  ibu dengan pengetahuan kurang, dalam posisi menyusui tidak tepat dimana terlihat kepala dan badan bayi tidak satu garis lurus, kepalanya saja yang menghadap ke ibu serta sebagian besar areola tidak masuk kemulut bayi.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang menyusui dengan ketepatan posisi menyusui dalam pemberian ASI di desa Wukirsari, Imogiri, Bantul

Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 137 orang, cara pengambilan sampel dengan random sampling dengan jumlah sampel 34 orang. Analisis untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik Chi Square

Hasil penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang menyusui dengan ketepatan posisi menyusui dalam pemberian ASI di desa Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Kesimpulan : Hasil uji statistik Chi Square diketahui nilai chi square (χ) hitung sebesar 6.585  sedangkan nilai chi square (χ) tabel sebesar 5.991, dari nilai tersebut χhitung > χtabel, dengan demikian Ho ditolak dan Hi diterima berarti secara statistik dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang menyusui dengan ketepatan posisi menyusui dalam pemberian ASI.

Kata kunci : Menyusui, Pengetahuan, Ketepatan posisi menyusui.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. assalamualaikum, mbak minta tolong bisa minta filenya karna lg penyusunan skripsi nih.. terimah kasih sebelumnya ya…


  2. minta referensinya donk,,judulx menarik untuk di ajukan


  3. mbak…saya mau meneliti dengan judul yang sama…
    bisa minta tolong kirimin skripsi lengkapnya ke email saya mbak??? please


  4. mbak ,,,,, saya boleh minta filenya lengkap gag mbak ? buat referensi skripsi sya mbk , kirim k email saya


  5. ka,,,saya minta filenya yang lengkap dan contoh kuisionernya …


  6. mbaa izin menyadur ya. ..penelitian saya hampir sama.. .klo boleh bisa kirim ke email saya mbaa. .


  7. kak tolong dikirim selengkapnya lewat email saya. terimakasih


  8. mbak,, bisa gak saya dikirimkan selengkapnya isi tentang skripsi’y ? saat ini saya sedang meneliti judul skripsi yang hampir sama dengan yang mbak miliki..hanya saja saya sulit untuk mendapatkan referensi2 buku tentang tersebut…sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.


  9. mbak saya minta izin pakai sebagai referensi,trus saya minta tlg kl bs kirim lengkapnya ke email saya ya mbak,makasih banyak sebelumnya mbak


  10. wah semoga penelitiannya sukses!!



Tinggalkan komentar