h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG MODEL PRAKTEK KEPERAWATAN PROFESIONAL (MPKP) DENGAN MOTIVASI PELAKSANAAN MPKP DI RUMAH SAKIT JIWA PUSAT BANGLI BALI

3 Mei 2009

Oleh: Ni Putu Susilyaningsih

ABSTRAKSI

Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) merupakan salah satu sistem pemberian asuhan keperawatan yang sedang dikembangkan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan meningkatkan profesionalitas rumah sakit, dalam hal ini perawat mempunyai peran penting. Diperlukan adanya pengetahuan dan motivasi perawat dalam pengembangan MPKP. Dengan adanya perbedaan tingkat pengetahuan perawat tentang MPKP tentunya motivasi dalam pelaksanaaan MPKP juga berbeda.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) dengan motivasi pelaksanaan MPKP di RSJP bangli Bali.

Metode yang digunakan adalah cross sectional dengan pendekatan deskriptif analitik korelatif dilakukan pada 26 perawat di ruang MPKP RSJP Bangli Bali. Data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh responden dan studi pendahuluan.

Pada penelitian ini didapatkan 12 (46,2%) perawat dengan tingkat pengetahuan tentang MPKP tinggi dan 15 (57,7%) perawat motivasinya dalam pelaksanaan MPKP tinggi. Hasil analisis dengan uji Kendal’s Tau diperoleh hasil correlation coefficient 0,853 dengan tingkat kemaknaan p<0,05 mendapatkan hasil pada kolom Sig 0,000.

Dari hasil uji statistik diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan perawat tentang Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) dengan motivasi pelaksanaan MPKP di RSJP Bangli Bali.

Kata kunci: MPKP, Pengetahuan, Motivasi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. selamat sore ,,,maaf boleh minta yang lengkap ga ya,,mau nyusun penelitian yang sama tentang mpkp untuk daerah jawa tengah,terima kasih.


  2. slmt siang..boleh minta bab 1-3nya g sis? sya harap boleh. krna sy bth bntuan bab1-3 ny sis. trmksh


  3. minta donk dikirimi kuesionernuya ama boleh ga minta full bab 1 sampa 5,,,,soalnya mau menyusun serupa,,,,bingung.
    terima kasih atas bantuannya


  4. saya minta tlong dikirimi kuisionernya, karena saat ini saya sedang mencari literatur kuisioner tentang MPKP, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.


  5. penjelasannya yang lengkap dong…
    Lgi butuh literatur MPKP,, makasih…


  6. Bisa dag sistem MPKPnya dijelaskan ?


  7. minta dong kelanjutannya,…
    makasih y….


  8. boleh minta yg lengkapnya ya ga??sya lagi cari literatur ttg mpkp makasih


  9. bisa minta yang pembahasan lengkap mengenai MPKP ga???


  10. Assalamualaikum wr wb…

    sekarang ini sy sedang mencari literatur MPKP,klo di blehkan saya di kirimiartikel penelitian ttg Hubungan tingkat pengetahuan perawat ttg model praktrk keperawatan professional (MPKP) dengan motivasi pelaksanaan MPKP di rumah sakit jiwa pusat bangle bali. untuk bahan litertarur dan tambahan ilmu bagi saya.
    Atas bantuanya saya ucapkan banyak terimakasih.


  11. bisa yg lengkap ga penbahasan mengenai MPKP…?????



Tinggalkan komentar