h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN GAYA HIDUP PADA WANITA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN KENTENG KEMBANG NANGGULAN KULON PROGO YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : Margareta Shinta Pratomo

ABSTRAKSI

Latar belakang masalah penyakit kardiovaskuler dalam hal ini hipertensi di Indonesia masih merupakan masalah yang cukup berat. Pada hakikatnya berpangkal pada pola kebiasaan hidup atau gaya hidup yang kurang sehat dan terbatasnya pengetahuan tentang penyakit hipertensi itu sendiri. Pengetahuan merupakan hasil tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap objek tertentu. Gaya hidup adalah cara hidup berdasar kebiasaan atau prilaku hidup yang baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan wanita penderita hipertensi, tingkat gaya hidup, dan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan wanita penderita hipertensi tentang hipertensi dengan gaya hidup di Dusun kenteng Desa Kembang Kecamatan Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta.

Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan cross sectional terhadap 40 sampel wanita penderita hipertensi di Dusun Kenteng Desa kembang Kecamatan nanggulan Kulon progo Yogyakarta pada bulan februari 2008.

Hasil pada penelitian ini didapatkan 25 wanita  (62,5%) dengan tingkat pengetahuan cukup dan 24 wanita (60%) dengan gaya hidup cukup baik. Hasil uji statistic kendal’s Tau antara tingkat pengetahuan wanita penderita hipertensi tentang hipertensi dengan gaya hidup menunjukkan adanya hubungan yang signifikan sebesar 0,738 (73,8%) dengan p<0,005.

Dari uji statistik diambil kesimpulan bahwa pengetahuan wanita penderita hipertensi tentang hipertensi sangat mempengaruhi tingkat gaya hidup. Jika tingkat pengetahuan cukup maka tingkat gaya hudupnya juga cukup, sehingga jika tingkat pengetahuannya baik maka tingkat gaya hidupnya juga akan semakin baik.

Kata kunci : Pengetahuan, Gaya Hidup, Hipertensi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

17 komentar

  1. tolong kirimin skripsi lengkapnya dong, makasih sebelumnya 🙂


  2. boleh minta versi lengkapnya ,? soalnya aku tertarik dgn judul ini , makasih


  3. tolong donk krim skripsi nya buat refrensi, mksih sbelum nya…


  4. mbak, bisa ngak mintak tolong krimi skripsi ny dgn lengkap utk referensi saya….lewat email saya.. terima kasih


  5. mbak, saya minta skripsi lengkapnya dong? tentang HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG HIPERTENSI DENGAN GAYA HIDUP PADA WANITA PENDERITA HIPERTENSI kirim ke email saya ya mbak… makasih


  6. saya minta tlg kirimin skripsi dgn lengkap tuk referensi saya, thanks


  7. mbak, bisa minta skripsi lengkapnya? untuk bahan referensi saya ttg pengaruh pemberian edukasi gaya hidup terhadap penderita hipertensi. makasih sebelumnya.


  8. Tolong dikirimkan skripsinya dong..trims


  9. tolong saya dikirimkan skripsi tersebut secara lengkap leawat email sebagai bahan acuan saya
    terima kasih sebelumnya


  10. bisa donk,, dikirimin cntoh skripsi yang lengkap???????
    ke email q yahh


  11. sy tertarik dgn skripsi ini bs ga sy butuh refensi lengkap dr skripsi ini


  12. tlg lengkapx ni cz ada tgsqw jurnal ttg ni n makasi sblmx


  13. saya tertarik dgn skripsi ini
    saya kebetuln jg sedang butuh refrensi untk skripsi saya
    bisa ga saya dpt materi ini yang lngkp?


  14. tolong dong kiriman saya skirpsi lengkapnya buat bantu skripsi saya..


  15. tolong dong kirimin skripsi dengan lengkap untuk refrensi sy terimakasih..


  16. saya minta tolong dikirimin konsep gaya hidup beserta referensinya yah….terima kasih sebelumnya


  17. tolong dong kirimin skripsi dengan lengkap untuk sebagai refrensi saya terimakasih bantak



Tinggalkan komentar