h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TB PARU DENGAN MOTIVASI PASIEN DALAM MENJALANI TERAPI PENGOBATAN DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) UNIT KOTAGEDE YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : Suanda Saputra

ABSTRAKSI

Masalah respirasi masih menjadi isu penting kesehatan di dunia. Dewasa ini sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi Tuberkulosis Paru (TB Paru). Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2001 menunjukan bahwa TB Paru merupakan penyebab kematian nomor 3 setelah penyakit kardiovaskuler  dan penyakit saluran nafas pada semua golongan usia, pembunuh nomor 1 dari golongan penyakit infeksi menular, dan setiap tahunnya 140.000 orang Indonesia meninggal akibat penyakit ini. Pengobatan TB Paru dilakukan cukup lama (minimal 6 bulan) hal ini membuat sebagian besar penderita sering putus berobat dan adanya penurunan motivasi bagi sebagian penderita untuk berobat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara tingkat pengetahuan tentang TB Paru dengan motivasi pasien dalam menjalani terapi pengobatan di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Unit Kotagede Yogyakarta.

Jenis penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden dengan teknik pengumpulan data berupa data primer berbentuk kuesioner pengetahuan dan motivasi pasien dalam menjalani terapi pengobatan TB. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Kendall Tau dengan hasil nilai korelasi (r) sebesar 0,469 dengan tingkat signifikansi 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang TB Paru dengan motivasi pasien dalam menjalani terapi pengobatan di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Unit Kotagede Yogyakarta. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi pengetahuan pasien tentang penyakitnya, semakin tinggi motivasinya untuk berobat.

Kata kunci : Pengetahuan, Motivasi Pasien, Terapi Pengobatan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

11 komentar

  1. Saya tertarik untuk membaca lebih lanjut mengenai artikel HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TB PARU DENGAN MOTIVASI PASIEN DALAM MENJALANI TERAPI PENGOBATAN DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) UNIT KOTAGEDE YOGYAKARTA yang ditulis oleh Sdr. Suanda Saputra,bleh saya MNTA FILENYA,KRIM K EMAIL SYA,,TRM KASIH


  2. saya sangat tertarik dengan artikel ini sebagai referensi, tolong kirim secara lengkap skripsi ini, trimakasih


  3. bolehkah saya dikirim file lengkapnya


  4. Ini bgus skali bsakah meminta file lngkapnya?


  5. Sangat bagus, bolehkah saya dikirim file lengkapnya


  6. tolong kirim file lengkapnya di email sy. thanks.


  7. gimana cara sy dapatkan ???


  8. saya sangat tertarik dengan artikel ini, bolehkah saya minta dikirim file nya, terimakasih


  9. tolong krmkn semua bab pada skripsi TB paru diatas.
    thanks


  10. sy butuh resferensi buat data skripsi, tolong kirimkan secara lengkap tentang skripsi ini….thanx


  11. Saya tertarik untuk membaca lebih lanjut mengenai artikel HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TB PARU DENGAN MOTIVASI PASIEN DALAM MENJALANI TERAPI PENGOBATAN DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) UNIT KOTAGEDE YOGYAKARTA yang ditulis oleh Sdr. Suanda Saputra , bolehkah saya mohon dikirim file lengkapnya ke alamat tersebut di atas? Terima kasih.



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: