h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TBC DENGAN FREKUENSI KUNJUNGAN DIPUSKESMAS SEMANU I GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : Suhardi

ABSTRAKSI

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Riwayat pengobatan TBC berdasarkan tipe penderita yaitu : kasus baru, kambuh, pindahan, lalai dan lain-lain sangat tergantung dari pengetahuan. Dengan adanya pengetahuan penyakit TBC yang memadahi akan lebih memberi semangat penderita untuk melakukan kunjungan pengobatan, karena dengan keteraturan kunjungan pengobatan akan lebih memudahkan penyembuhan penyakit.

Merupakan penelitian deskriptif analitik pendekatan observasi yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang TBC dengan frekuensi kunjungan di Puskesmas. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dan menggunakan data rekam medis penderita TBC. Jumlah responden 12 orang.

Berdasarkan 12 penderita TBC di Puskesmas Semanu 1 Gunung Kidul Yogyakarta kebanyakan laki-laki berpendidikan SD, berumur lebih dari 50 tahun dengan pekerjaan petani. Ada hubungan ( p = 0.001 ) tingkat pengetahuan tentang TBC dengan frekuensi kunjungan di Puskesmas Semanu I Gunung Kidul Yogyakarta..

.

Kata Kunci: TBC, Pengetahuan, Kunjungan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. bleh minta lengkpnya buat nyusun skripsi.. thank


  2. boleh minta selangkapnya gak??


  3. boleh minta lengkapnya ngga, untuk dijadikan contoh


  4. Boleh Minta lengkpanya ngga untuk jadikan contoh,,



Tinggalkan komentar