h1

PENGARUH MENYUSUI DINI TERHADAP WAKTU PENGELUARAN KOLOSTRUM IBU POST PARTUM DI WILAYAH PUSKESMAS BONOROWO KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2008

3 Mei 2009

Sukarni

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Kebijakan Pemerintah dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya dapat dicapai antara lain dengan peningkatan penggunaan ASI maka posisi rumah sakit dengan kamar bersalinnya menjadi sangat vital. Di kamar bersalin pertama kali Ibu mengadakan kontak dengan bayinya sesaat setelah melahirkan. Bayi harus segera disusukan dalam waktu 30 menit setelah lahir untuk merangsang puting susu agar memacu reflek prolaktin dan oksitosin yang dibutuhkan dalam proses menyusui.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menyusui dini terhadap waktu pengeluaran kolostrum ibu post partum di Wilayah Puskesmas Bonorowo, Kabupaten Kebumen tahun 2008.

Metode Penelitian : Metode penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian statistik group comparation. Alat penelitian dengan menggunakan lembar observasi analisis data dengan menggunakan analis kontrol.

Hasil Penelitian : Ada pengaruh antara menyusui dini terhadap waktu pengeluaran kolostrum pada kelompok kontrol secara statistik menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dinama t = 12.197, p = 0,000, mean = 17,12  IK 95% 14.11 – 20.13. Pengaruh menyusui dini terhadap waktu pengeluaran kolostrum pada kelompok kasus secara statistik menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dimana t = 7.63,
p = 0,000, mean = 6,02 IK 95% 4.41 – 7.63. Rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu menyusui dini lebih cepat 7,55 jam dibanding dengan rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu yang menyusui tidak dini pada kelompok kontrol. Rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu yang menyusui dini lebih cepat 6,02 jam dibandingkan dengan rata-rata waktu pengeluaran kolostrum ibu yang menyusui tidak dini pada kelompok kasus.

Kesimpulan : ada pengaruh signifikan antara menyusui terhadap waktu pengeluaran kolostrum dengan p = 0,000.

Kata Kunci : Menyusui Dini, Pengeluaran Kolostrum, Ibu Post Partum.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. tolong dong kirimin file yg lengkap


  2. Bisa ga dikirimkan file skripsinya?


  3. bisa gak mnta file lengkapnya?


  4. assalamualaikum… saya bisa minta file lengkapnya apa tidak ? terima kasih..


  5. Bisa minta dikirim File skripsinya, saya butuh untuk bahan penelitian saya.makasih


  6. Assalamualaikum..
    saya mohon dikirimkan file skripsi ini selengkapnya..
    terima kasih


  7. apa gk ada file lengkapnya, tuk menjadi referensiku


  8. boleh dung mau skripainya



Tinggalkan komentar