HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT PEMBINA KESEJAHTERAAN UMAT (PKU) MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2008
4 Mei 2009Oleh : Lina Fatmawati
ABSTRAK
Pelayanan perawat menjadi ujung tombak dalam mencapai mutu pelayanan kesehatan karena perawatlah yang sering kontak langsung dengan pasien. Mutu pelayanan kesehatan senantiasa dituntut peningkatannya baik oleh konsumen (health consuments), pemberi pelayanan kesehatan (health provider) dan pihak lain, misalnya pihak yang membiayai pelayanan kesehatan. Ruang rawat inap kelas III di RS. PKU Muhammadiyah terdiri dari 4 bangsal dengan 66 tempat tidur yang rata-rata terisi penuh setiap hari. Banyaknya pasien yang memanfaatkan fasilitas ruang tersebut sangat terkait dengan kepuasan yang diperolehnya. Kepuasan pasien merupakan keseimbangan antara harapan, persepsi dan yang dialami. Berdasarkan surat yang masuk melalui kotak saran, beberapa pasien inap ada yang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh perawat. Ketidakpuasan pasien berkaitan dengan kerja perawat karena perawat banyak menghadapi permasalahan langsung dengan pasien, disisi lain pelayanan yang baik dari perawat sangat dibutuhkan pasien, karena dapat membantu penyembuhan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian studi analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Data primer diambil berdasarkan jawaban kuesioner yang diberikan. Data di uji dengan uji Korelasi Kendall Tau. Jumlah responden 56 orang.
Hasil Penelitian, Rawat inap kelas III RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah ruang rawat inap yang selalu dipenuhi oleh pasien dengan berbagai karakterisitk baik masyarakat berstatus/berderajat tinggi maupun rendah, tua atau muda, kaya atau miskin, tidak berpendidikan ataupun sarjana. Karena mutu pelayanan perawat baik (pendapat pasien 78.60%), sehingga 92.90% pasien merasa puas dengan pelayanan perawat. Ada hubungan (p = 0.009) mutu pelayanan perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan, Rawat Inap
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
minta isi lengkap skripsinya dong…
oleh Oviey Retax 12 Desember 2015 at 13:25terimakasih
mb lina boleh saya minta contoh skripsinya,trimaks seblomnya
oleh sukses 29 Juni 2014 at 06:13permisi, apakah ada jurnal kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat inap rs ? mhn bantuannya untuk referensi.
oleh wiwien simbala 3 September 2013 at 22:54skripsinya bagus bisa kami dapat untukdijadikan sbgai contoh tolonh ya bu anak minta bantuian
oleh veni V.G 7 Oktober 2012 at 15:57boleh nengok contok proposalnya…….????
oleh riyanti 18 Februari 2012 at 05:33minta contoh proposalnya dong…
oleh anapertiwi 13 Oktober 2011 at 06:41tolong kasi contoh proposal keperawatan dong…
oleh nurkholis aprian 27 September 2011 at 03:393 aja..
makasi.
Terima kasih… Saya telah numpang baca… 🙂
oleh Nurlela 29 Januari 2011 at 11:58