h1

PENGARUH BINROH (BIMBINGAN ROHANI) TERHADAP MOTIVASI KESEMBUHAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN 2008

4 Mei 2009

RENI SOFITA

ABSTRAK

BINROH (Bimbingan Rohani) yang diadakan di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun mempunyai pengaruh terhadap motivasi kesembuhan pasien rawat inap, karena BINROH mempunyai tujuan untuk memotivasi pasien agar pasien mempunyai semangat untuk sembuh dan dapat menjalankan ibadah sehari-hari. Sehubungan dengan hal tersebut banyak persepsi yang berbeda-beda baik dari pasien maupun keluarga pasien mengenai BINROH sehingga peneliti mengambil judul “Pengaruh BINROH (Bimbingan Rohani) Terhadap Motivasi Kesembuhan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh BINROH terhadap motivasi kesembuhan pasien rawat inap di RSI Siti Aisyah Madiun.

Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas dari 22 item pertanyaan dan semuanya valid/ sahih serta reliabel/ andal, disamping itu peneliti juga menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, uji R². Adapun hasil dari analisis regresi linier berganda berdasarkan hasil perhitungan SPSS 11.0 adalah a = 7,838 ; b1 = 0,405 ; b2= 0,446 ; b3 = 0,714, sedangkan hasil dari ketiga prediktor  variable X menurut uji t ketiganya mempunyai pengaruh terhadap motivasi kesembuhan pasien karena t hitung > t tabel, berdasarkan uji f hasilnya signifikansi < α yaitu 0,000 < 0,1 artinya Ha diterima sehingga secara serempak X1, X2, dan X3 berpengaruh terhadap Y. Hasil dari R² sebesar 0,490 dan R 0,700 artinya X1,X2, dan X3

mempunyai pengaruh yang sedang terhadap Y, sedangkan pada uji R nilai X1, X2, dan X3 mempunyai hubungan yang kuat terhadap Y.

Peningkatan motivasi kesembuhan pasien rawat inap dipengaruhi oleh BINROH, hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi linier berganda yaitu, Y = 7,838 + 0,405X1+0,446X2+0,714X3, jika ketiga prediktor variabel BINROH tersebut yang diterima semakin baik/ meningkat maka motivasi kesembuhan pasien rawat inap juga akan mengalami peningkatan, begitu juga sebaliknya jika ketiga prektor variabel BINROH yang diterima tidak baik maka motivasi kesembuhan pasien rawat inap akan mengalami penurunan.

Kata kunci : BINROH, Motivasi kesembuhan, Rawat inap

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

28 komentar

  1. Saya sangat tertarik dgn judul in.. bsa sya mendapatkan srikpsi ini?


  2. saya sangat tertarik dengan skripsi ini,, dan judul ini juga sesuai dengan yang akan saya teliti. mohan dikirim file lengkapnya di email saya, guna sebagai referensi skripsi saya. mohon kerjasamanya.


  3. ASS… saya sangat tertarik dengan isi skripsi anda, jadi mohon dikirim lengkapnya di email kami untuk kami pelajari ,,,,


  4. saya tertarik dengan skripsi anda… bagus,, bagaimana cara mendpatkannya secara lengkaap ???


  5. mbk sayatertarik dengan judul mbk, tolong kirim ke alamat email saya ya. data skripsi mbk secara lengkap.


  6. ASS….. Saya tertarik dengan skripsi anda, dan di RS tempat saya bekerja juga sudah menerapkan binroh dan kami ingin mengevaluasinya. saya sangat berterima kasih sekali untuk sharenya dan mohon untuk mengirimkan selengkapnya ke alamat email saya. mudah2an bermanfaat dan menjadi amal kebaikan untuk anda. amien


  7. Mohon di kirimkan instrumen (kuesioner) mengenai motivasi kesembuhan pasiennya, terima kasih


  8. Mohon di kirimkan instrumen (kuesioner) menegeai motivasi kesembuhan pasiennya, terima kasih


  9. Asslm.wr. wb…saya tertarik dengan skripsi mengenai bimbingan rohani dan pengaruhnya thdp pasien,kebetulan tempat saya bekerja di RS akan menggulirkan program ini. Sebagai bahan referensi mohon saya dikirimkan isi skripsi ini ke e-mail saya..
    Jazakallah…wasslm. wr.wb


  10. please sent this script in to my e-mail box.

    thanks for your attention.


  11. mhon kirimn slengkapx ke email sya
    please gan…


  12. saya ingin mengetahui instrumen yg anda gunakan utk mengukur motivasi utk sembuh, apakah memang sdh ada instrumen khusunya ato membuat sendr dan di uji reliabel n validitas? thq infonya


  13. saya sangat tertarik dengan judul skripsinya,bisa tolong dikirimkan melalui email saya,sebagai bahan.trimakasih sebelumnya


  14. Mbak,,tolong lengkapnya dikirim ke email saya..kalo ada biaya biar saya ganti nanti,,terimakasih..


  15. Assalamu’alaikum.
    Saya tertarik sekali dengan judul ini, mohon dikirimkan kepada alamat email ini.karena
    skripsi ini dapat saya jadikan sebagai referensi yang sangat berguna buat saya nnt.


  16. assalamualaikum, saya mahasiswa akper. bisa kasih info ga pendampingan ataupun bimbingan kepada pasien secara islami harus gimana? saya sedang mencari tugas nih,


  17. Ass….saya tertrik dengan judul skripsi ini…kebetulan saya jg sedang mempelajari bimbingan rohani pasien…. boleh tolong kirimkan ke email saya; Thx 🙂


  18. Asslm……
    Saya tertarik sekali dengan judul ini, mohon dikirimkan kepada alamat email ini.karena skripsi ini dapat saya jadikan sebagai referensi


  19. TOLONG KIRIMIN AKU, GIMANA CARANYA


  20. saya sangat tertarik dengan skripsi ini. mohon dikirim pada alamat email saya untuk saya bisa pelajari dan menjadi acuan dalam menjalankan motivasi/ bimbingan rohani terhdap pasien. terimakasih atas bantuannya.


  21. Assalamu’alaikum.
    Saya tertarik sekali dengan judul ini, mohon dikirimkan kepada alamat email ini.karena
    skripsi ini dapat saya jadikan sebagai referensi yang sangat berguna buat saya.


  22. saya berminat untuk mendapatkan seluruh isi skripsi di atas sebagai syarat penyajian referensi penelitian S1 saya,, trimakasih..


  23. Saya termasuk BIMROH di RSUD Kota Banjar.
    kalo bisa kami mohon skripsinya kirim ke email kami. trimakasih.


  24. Assalamualaykum Wr. Wb.
    Saya tertarik untuk mendapatkan seluruh isi skripsi ini untuk bahan acuan penyusunan KTI. Mohon dikirimkan ke alamat email kami.
    Terima Kasih.
    Wassalam.


  25. bagus kang… mohon untuk contoh aplikatif dilapangan metode seperti apa yang pas digunakan untuk berbagai pasien. makasih


  26. assalamualaikum…pa admin saya minta bantuannya, saya tertarik materi ini, bisa dikirim file lengkapnya…?? thanks


  27. Ass. Saya berminat mendapatkan seluruh isi skripsi diatas untuk bahan acuan Yayasan yang kami buat yaitu Yayasan Kanker Islam Indonesia guna membina pasien2 kami. trims.


  28. saya tertarik dengan judul skripsi pengaruh binroh terhadap motivasi kesembuhan, mohon dikirimkan pada alamat email kami untuk kami pelajari sebagai acuan pelaksanaan program bina ruhani pasien di rumah sakit, terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya



Tinggalkan komentar