h1

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA-JAWA BARAT

4 Mei 2009

IIN INDRIYANI

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan farmasi, kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi, serta  mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan farmasi dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya-Jawa Barat.

Adapun jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan yang menggunakan jasa pelayanan farmasi di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya-Jawa Barat pada tahun 2008. Sedangkan sampel penelitian diambil dari konsumen (pasien) yang menggunakan jasa pelayanan farmasi di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya-Jawa Barat selama akhir bulan Maret sampai dengan akhir bulan April 2008. Jumlah sampel adalah 72 sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan  teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket kuesioner tertutup. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas terhadap variabel kualitas pelayanan farmasi dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan analisis statistik korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS 12.0.

Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki hubungan signifikan dan positif terhadap kepuasan pasien di farmasi Rumah Sakit Jasa kartini Tasikmalaya-Jawa Barat. Angka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,769 dengan tingkat signifikansi 5 %.

Kata kunci   : kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

25 komentar

  1. tolong lebih jelas lagi untuk file ini mbak,,
    atau kirim ke fb saya.
    saya lagi tahap penyusunan KTI


  2. mba mohon bantuannya saya sedang melaksanakan penyusunan KTI, saya tertarik mohon bantuannya untuk bisa mengirimkan file skripsi tersebut secara ke email saya atau bisa menghubungi saya. terimaksih banyak atas bantuannya


  3. Mbak saat ini saya sedang kuliah jurusan manajemen di lampung saya ingin melihat skipsi ini selengkapnya tolong kirimin ke email saya. terima kasih…@


  4. Mbak saat ini saya sedang kuliah jurusan manajemen di lampung saya ingin melihat skipsi ini selengkapnya tolong kirimin ke email saya. terima kasih…@


  5. sy lg mo nyusun KTI ni,,tp lg bingung,,Nah saya tertarik ma judul diatas,,minta tolong dong kirimi format lengkap nya ma kuesionernya jg,,terima kasih


  6. saya, sangat tertarik dengan judul di atas.
    tolong bAntuanx.


  7. tolong kirimkan file’a yaa mba/mas…


  8. Saya mahasiswi farmasi… Dan saya tertarik sekali dg judul ini… Bs mnta tolong d kirim format lengkap dan contoh kuesionernya ga??pliss… Mksh ..


  9. saya sangat tertarik dgn judul diatas.. tolong kirim selengkapnya.. thanx yuah


  10. saya mahasiswa farmasi sedang mengerjakan skripsi. saya tertarik dengan judul diatas. tolong bantuannya. saya membutuhkan metodenya. please…


  11. sy lg mo nyusun KTI ni,,tp lg bingung,,Nah saya tertarik ma judul diatas,,minta tolong dong kirimi format lengkap nya ma kuesionernya jg,,terima kasih


  12. hello,,,,siang,,,bisa bantu aku ngak?aku suka ama judul dia atas nihhhh,,,,,,,tolong dongggggggggg


  13. Saya sedang menyusun skripsi tentang pelayanan farmasi di rs, mohon bantuannya untuk bisa mengirimkan file skripsi tersebut secara lengkap ke email saya atau bisa menghubungi saya. terimaksih banyak atas bantuannya. 🙂


  14. saya suka sekali sama ju8dul ini,tolong bantu aku yaaaaaaaaaaa,please.


  15. Mohon bantuannya dimana saya bisa dapatkan skripsi ini dan berapa biayanya termasuk ongkos kirimnya. terimaksih


  16. saya membutuhkan materi bwt KTI saya tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan di instalasi farmasi RS mbak. tolong kirimkan ke email saya yah. thanx before 😀


  17. Saya sedang menyusun skripsi tentang pelayanan farmasi di rs, mohon bantuannya untuk bisa mengirimkan file skripsi tersebut secara ke email saya atau bisa menghubungi saya. terimaksih banyak atas bantuannya


  18. trimakasih artikelnya byk membantu saya untuk menyusun skirsi. tlng kirimkan copyan skripsinya. mksh banyak…..banyak


  19. maaf mbak, tolong dikirimkan untuk saya file skripsi ini selengkapnya ke email saya ya.

    terima kasih sebelumnya.

    salam,


  20. saat ini saya sedang kuliah konsentrasi manajemen sumer daya manusia di MATARAM NTB saya ingin melihat skipsi ini selengkapnya. terima kasih


  21. Mbak saat ini saya sedang kuliah jurusan manajemen di Palembang saya ingin melihat skipsi ini selengkapnya. terima kasih


  22. maaf bisa gak saya minta copy-an skripsi anda selengkapnya, terimaksih. saya tunggu secepatnya ya.


  23. Tolong saya minta yg lengkapnya skripsi tentang HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT JASA KARTINI TASIKMALAYA-JAWA BARAT.


  24. Sangat berguna bagi kami terutama institusi yang baru operasional seperti kami


  25. saat ini saya sedang kuliah jurusan manajemen rumah sakit di bandung saya ingin melihat skipsi ini selengkapnya. terima kasih



Tinggalkan komentar