h1

PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT JIWA PROF.DR. SOEROYO MAGELANG

4 Mei 2009

WAHYU KARTIKA

ABSTRAK

Stres   kerja   adalah   perasaan   tertekan   yang   dialami   karyawan   dalam menghadapi pekerjaan, yang disebabkan oleh stresor yang datang dari lingkungan kerja seperti faktor lingkungan, organisasi dan individu. Tinggi rendahnya tingkat stres kerja tergantung dari manajemen stres yang  dilakukan oleh individu dalam menghadapi stresor pekerjaan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ada  pengaruh  antara  stres  kerja  dengan  kinerja  perawat  di  Rumah  Sakit  Jiwa Prof.dr.   Soeroyo   Magelang.   Tujuan   penelitian   ini   adalah   ingin   mengetahui pengaruh  stres  kerja  terhadap  kinerja  perawat  di  Rumah  Sakit  Jiwa  Prof.dr. Soeroyo Magelang.

Jenis  penelitian ini  adalah  penelitian  kuantitatif non  eksperimental  dengan menggunakan   rancangan   cross   sectional.   Populasi   dalam   penelitian   adalah seluruh  perawat  di  Rumah  Sakit  Jiwa  Prof.dr  Soeroyo  Magelang  sejumlah  500 orang.   Sampel   yang   diambil   sejumlah   125   orang   yang   diperoleh   dengan menggunakan   teknik   probability   sampling yaitu   simple   random   sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tertutup tentang stres   kerja   yang  terdiri   dari   beban   kerja,   karakteristik   tugas   dan   gaya kepemimpinan,   serta   kuesioner  tertutup   tentang  kinerja  perawat.   Data  yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (multiple linear regression).

Dari   hasil   penelitian   didapatkan   bahwa   Fhitung     sebesar   12,802   dengan signifikansi  0,000.  Karena  F<0,05  maka  dapat  disimpulkan  terdapat  pengaruh yang  signifikan secara bersama-sama antara beban kerja, karakteristik tugas dan gaya  kepemimpinan  terhadap  kinerja  perawat.  Pengaruh  variabel  beban  kerja, karakterisik  tugas  dan  gaya  kepemimpinan  terhadap  kinerja  perawat  sebesar

22,2%.  Koefisien  regresi  variabel  beban  kerja  –0,056  dan  karakterisik  tugas

-0,421  menunjukkan  adanya  hubungan  negatif  atau  tidak  searah  antara  variabel beban kerja dan karakteristik tugas dengan kinerja perawat. Koefisien regresi gaya kepemimpinan  0,525  menunjukkan  adanya  hubungan  positif  atau  searah  antara variabel  gaya  kepemimpinan  dengan  kinerja  perawat.  Besar  kecilnya  masalah yang dapat menimbulkan stres baik dari dalam individu maupun dari luar individu seperti  beban  kerja,  karakteristik  tugas  dan  gaya  kepemimpinan  menentukan tinggi rendahnya kinerja karyawan. Oleh karena itu disarankan agar atasan lebih bisa  mempertimbangkan  beban  kerja  yang  ada,  memperjelas  atas  tugas-tugas perawat  dan  selalu  mendengarkan  pendapat  dari  bawahannya.  Disamping  hal tersebut  perawat disarankan agar dapat menghindari hal-hal yang  dapat memicu terjadinya  stres  kerja  dan  mengetahui  bagaimana  cara  mengatasinya  agar  tidak mengganggu pekerjaan mereka, sehingga ikut mempengaruhi turunnya kinerja.

Kata kunci: Stres kerja, kinerja perawat

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

34 komentar

  1. Minta tolong file nya skripsi ini..saya menarik buat referensi saya


  2. boleh minta file lengkapnya ga..Buku2 pa ja yg dpakai dlm penelitian ini? Dan bisa minta file2 lengkapx ga,supaya sebagai acuan penelitian saya. Terima Kasih


  3. boleh minta file lengkapnya ga..


  4. saya suka dengan judul skripsi anda bolehkah saya dikirimkan full skripsinya untuk penelitian sy di tempat kerja. terimakasih


  5. bolehkah saya minta filenya


  6. assalamualaikum wr wb,
    bolehkah saya ingin melihat lengkapnya,
    untuk refrensi tugas skripsi kuliah saya. Saya mohon
    Terima Kasih
    Wassalam


  7. Boleh minta file lengkap nya , makasih


  8. saya sangat tertarik sekali dengan penelitian yg mbak bwt…bleh liat contoh lengkapnya? n buku apa aja yg dipakai.agar saya dapat acuaan bwt penelitian saya tahun ini..terima kasih


  9. boleh minta file lengkapnya ngga?


  10. Saya tertarik dengan penelitian ini. Bisa saya meminta copian file lengkapnya? Paling ga bab 1 dan contoh kuesionernya. saya tertarik untuk meneliti di wilayah kerja saya. Sebelumnya terima kasih.


  11. bisa minta contoh kuesioner nya gak ?


  12. mbak saya tertarik sekali dengan penelitian yg mbak bwt…bleh liat contoh lengkapnya? n buku apa aja yg dipakai.agar saya dapat acuaan bwt penelitian saya tahun ini..terima kasih


  13. assalamu alaikum. saya perawat jiwa so dalam rangka kenaikan pangkat saya sudah buat KTI dengan judul gambaran kepuasan kerja perawat pelaksana jabatan fungsional RS Jiwa Bandung post merger di RS Jiwa Provinsi Jawa Barat tahun 2011. hasilnya kurang puas karena adanya merger yang menyebabkan jangkauan jarak yang jauh dengan tempat tinggal responden dan keterbatasan sarana transportasi yang memadai terhadap kebutuhan perawat shift. pada intinya tampak tingkat stress dengan adanya merger tersebut walau sudah berlangsung hampir 3 thn pasca merger. Mohon bantu saya tuk penyusunan KTI k2 yang sepertinya harus diteliti lagi gambaran stressnya. ada keinginan tuk ambil judul Hubungan stress terhadap kinerja di tahun 2012 ini. TERIMA KASIH


  14. Kakak bisa mnta file lengkapnya donk buat referensi proposal trima kasih


  15. bisa bagi file lngkap nya gak…..


  16. tolong lengkapin skripsinya donk………….soalnya btuh untuk pembelajaran


  17. boleh minta file yg lengkap nya ga…?
    coz xa penting bnget nih…
    sebelum xa terimakasih yh…


  18. AQ SUKA DENGAN JUDUL PENELITIANNYA DEH…TOLONG KIRIMI AQ FILE LENGKAPNYA YAAA……KIRIMI KE EMAIL Q DUNK…..THANK U SEBELUMNYA


  19. Tolong dong kirimin ke email saya tentang skripsi ini agar bisa buat referensi saya
    thankz


  20. Assalam
    Mbak Bisa Minta Tolong
    di kirim file lengkapny ga ?
    buat contoh tugas proposal saya


  21. kak! boleh minta penelitian lengkapnya ke email aku ga? sebagai pedoman gitu…
    trmksh kak


  22. minta file lengkapnya dong sebagai acuan…..terima kasih sebelumnya..klo bs kirim k e-mail sy


  23. Bisa send ke Facebook aq gx, gmna cara buat penelitian ini. dan buku – buku apa aja yang di pakai. bantu aq dong, Please.!!


  24. Saya tertarik dengan judul skripsinya,boleh minta contohnya ga??Dan buku2 apa aja yg dijadikan referensi??


  25. Boleh minta contoh skripsi yang lengkapnya dari bab I smpai akhir, beserta daftar pustakanya..
    Saya tertarik untuk mgambil judul skripsi di atas…
    Thankz sebelumya..
    Di tunggu konfirmasinya secepatnya…


  26. kak sy mahasiswi dr fkm unhas, jurusan k3.
    mau nanya dmn saya bsa dapat situs lengkapnya?
    mau dijadiin referensi tugas sy nnti,
    makasih 🙂
    bls dong ^.^


  27. Aslkm, bsa g’ Q minta file lengkapnya? ato paling tidak bab.1 nya.
    Q pengen tw masalah/ kasus perawat RSJ pa ja yg memperkuat penelitian ni di lakukan? ni sbg acuan bwt memperkuat penelitianku.
    terima kasih sebelumnya…..


  28. mohon dikirimkan versi lengkap skripsi ini ke email sy..terimakasih sebelumnya..


  29. minta file lengkapnya dong untuk untuk judul ini…. spya jadi titik acuan buat penelitian saya,, thankz..


  30. terima kasih,,,
    artikel ini sangat bermanfaat dan saya tertarik utk mengetahui penjelasannya lebih lengkap. kalo boleh, saya ingin mendapatkan lengkapnya. bagaimana caranya?? mohon panduannya.. makasih


  31. terima kasih… artikel ini sangat menolong sy dan sy amat tertarik dg isiny…
    kalo boleh saya ingin mendapatkan lengkapnya. bagaimana caranya?? mohon panduannya.. makasih


  32. Buku2 pa ja yg dpakai dlm penelitian ini? Dan bisa minta file2 lengkapx ga,supaya sebagai acuan penelitian saya. Terima Kasih


  33. Buku2 apa aja yg dpkai dlm pnlitian ini&bs mnta file2 lengkap nya ga,supy sbgai acuan pneltian sy. Mksh


  34. mo tanya utk teori stres kerja pake buku siapa????



Tinggalkan komentar