h1

PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP SIKAP REMAJA TENTANG SEKS BEBAS DI SMK N 6 YOGYAKARTA 2008

4 Mei 2009

Jarni Eka Sari

ABSTRAK

Latar Belakang: Adanya sikap yang salah dari lingkungan keluarga dan sosial budaya yang menganggap seksualitas adalah sesuatu yang dianggap tabu untuk dibicarakan secara terbuka, yang menjadi faktor terjadinya perilaku seks bebas. Seks bebas merupakan fenomena sosial yang menonjol akhir-akhir ini. Maraknya pergaulan bebas memacu remaja untuk melakukan seks bebas. Sejalan perkembangan jaman yang semakin pesat lingkungan sangat berperan terhadap perkembangan remaja. Tidak adanya pelajaran dan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi. Lingkungan pergaulan yang semakin pesat mempengaruhi gaya pacaran dan pergaulan. Apabila remaja tidak mendapatkan pemahaman yang benar, serta lingkungan yang baik maka remaja akan terjerumus pada prilaku seks bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan kesehatan reproduksi terhadap sikap remaja tentang seks bebas, mengetahuai pengaruh lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas dan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan kesehatan reproduksi dan lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas di SMK N 6 Yogyakarta.

Metode: Bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I, II, III SMK Negeri 6 Yogyakarta yang berjumlah 212 siswa. Teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Alat yang digunakan kuesioner dengan pernyataan mengenai tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi sebanyak 26 item, pernyataan tentang lingkungan pergaulan sebanyak 14 item dan seks bebas sebanyak 17 item pertanyaan. Uji statistik menggunakan rumus Kendal tau regresi berganda.

Hasil: Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan kesehatan reproduksi terhadap sikap remaja tentang seks bebas. Dengan nilai signifikasi (p) 0,000, ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas dengan nilai signifikasi (p) 0,000. dan ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi dan lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas. Hasil uji statistik regresi linier berganda diketahui nilai F 71,245 dengan signifikasi (p) 0,000.

Kesimpulan: Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan kesehatan reproduksi terhadap sikap remaja tentang seks bebas, ada pengaruh antara lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas dan ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan kesehatan reproduksi dan lingkungan pergaulan terhadap sikap remaja tentang seks bebas di SMK N 6 Yogyakarta.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kesehatan reproduksi, Remaja, Lingkungan                                  pergaulan, Seks bebas, Sikap.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

61 komentar

  1. selamat sore kak,,,
    bisa ngga saya minta file skripsi selengkapnya,
    karena saya sekarang dalam proses penulisan judul skripsi tentang judul ini,
    bisa ngga tolong dikirim file skripsi ini selengkapnya,,
    thanks banget kalau di kirim kak,,
    GBU 🙂


  2. bisa minta file kti ini mba, ini email sy rahmatika.fina87@yahoo.com. makasih banyaaaak mb sblmny jk berkenan membantu


  3. Bisa minta lengkap + kuesionernya?


  4. ass, maaf bisa gag ya minta file lengkapnya, klo bisa minta tolong kirim lewat email ya


  5. ass, mbak boleh saya minta kuesionernya? soalnya saya baru mau skripsi, baru cari-cari contoh kuesionernya,, tolong dikirim ke e-mail saya ya mbak, terimakasih sebelumnya


  6. ass…saya minta file lengkapnya dalam proses penyusunan skripsi saya.terimakasih


  7. sya sedang penelitian dn mencri cntoh soal tentang pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja pada siswi kls 2 smk,, n bs tdk sy minta soalx n krim di emailku,,,makasih sebelumx


  8. saya boleh minta dikirmkan skripsi ini saya sangat butuh sebagai referensi skripsi saya trimakasih


  9. boleh minta skripsinya yg lengkap? sy sedang menyusun skripsi harap dbantu..makasi


  10. Aslkm
    mba sya sangat tertarik dgn skripsi anda,,
    sehubungan dgn bhan referensi proposal penelitian sya,
    boleh sya minta tolong kirim seluruh isi skripsi nya mba ke alamat email saya + kuesioner ny…
    saya tunggu balasan email nya…^^
    trim’s


  11. kirimin file lengkapya donkk…maksaih..


  12. bisa tidak file srips selengkapx saya ambel,, saya sangat butuh file ini ,, klo bisa krim ke email saya,,,,,makasih sebelumnya


  13. ass..sya tertarik dengan skripsi anda boleh lirim ke email saya


  14. mas ato mbak tlg krimin slengkapnya dunk ke email saya karena saya lagi cari2 bahan buat makalah,makasih….


  15. Saya sangat tertarik dengan judul skripsi Anda. Jika boleh saya minta tolong untuk dikirimkan skripsi ini sebagai referensi saya untuk membuat penelitian…
    Terima kasih banyak sebelumnya kepada Anda.
    Balasannya sangat saya tunggu ke email sy..
    tolong ya..


  16. slmt mlm saya tertarik dan membutuhkan skripsi ini mhn di bantu untuk di kirim ke email saya


  17. saya sedang dalam penulisan skripsi…bisa ga tolong dikirim skripsi ini selengkapnya ke email saya…makassih banget YA…


  18. selamat siang, mas bisa minta tolong kirimin filenya yg lengkap ke e-mail saya gak??


  19. mohon bantuannya untuk bisa dapat file lengkapnya yaa..
    terimakasih..


  20. boleh minta contoh skripsi diatas ?kl bisa kirim via emal saya


  21. sy harap pertolongannya bwt dkirim di email sya,… b hubung sy menulis hal yg sma . trimakasih banyakk


  22. boleh minta, kak?


  23. Bagus banget KTI nya. Boleh dong minta hasil lengkapnya.


  24. boleh lihat kuisioner tentang sikap remaja terhadap seks pranikah nya g???lo bleh krim ke email sya zaw,,,


  25. askum,mas bole ngga aq minta file utuh dr KTI mas ini cz kayax menarik beud, .kalo bole tolong kirimin k email quw yach, . .


  26. thanks ya,sangat membantu untuk menyelesaikan tugas sekolah.


  27. Ass….
    Mbak,boleh minta tolong indikator dari pengetahuan kespro-nya.tolong klo bisa kirim k email saya.trimakasih bnyk atas bantuannya….


  28. assalamualaikum….
    mbak….saya minta tolong bisa dikirimi isi lengkap dari skripsi ini ke email saya


  29. mat pagi mba’, bisa minta tolong krimkan skripsi mba’ ini dgn lengkap ke email sy soal sy lg butuh mba’, trimakasih sblumnya mba’.???


  30. bz tLg kirim k emaiL saya mbak,,
    saya sngat tertarik


  31. mBak kirimin ini ke email saya dunk…hanya untuk jadi perbandingan aja..tolong ya


  32. Saya boleh minta dikirimin skripsi lengkapnya ke email buat jadi referensi rencana judul skripsi saya..
    Makasi..


  33. Ass mba, saya tertarik dg skripsi ini kebetulan topiknya hampir sama,
    bolehkah saya ambil file skripsi ini untuk bahan kajian kalau bisa sama angket/koesionernya :):)……..apakah bisa kirimkan ke e-mail sy?
    saya tunggu balasannya…:)
    terima kasih sebelumnya


  34. Wawaww sya tertarik sekali dgn judul kripsi in …klw ga keberatan sya minta tolong dikirim kripsi ini selengkapnya ke email sya…..etha 13 oktober 2012 7.00


  35. ass…,saya berminat dngan judul skripsi ini…,
    bisa g saya minta tolong dkirimi skripsi ini selengkapnya k’email saya…,
    terimakasih…,


  36. aku mau donk cz topiknya hampir sama


  37. saya tertarik dgn judul ini
    bs tlong dkrim ke email saya ?
    terima kasih 🙂


  38. mbak, bisa tolong kirimkan seluruh penelitian ini ke alamat email saya. soalnya saya juga menulis hal yang sama…….makasih


  39. mas mohon ijin minta skripsi ini boleh gak?? tolong krimkan ke email sya terima kasih…^^


  40. met pagi,,hah saya sedang dalam pembuatan skripsi,,,bingung mau buat yg mana,,saya tertarik dengan skripsi yg ini,,kirimkan semuaa file y ,,lengkap,,,untuk menambanh ide saya ..thanks


  41. saya sdang cari judul skripsi saya tertarik dengan judul
    PENGARUH TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN LINGKUNGAN PERGAULAN TERHADAP SIKAP REMAJA TENTANG SEKS BEBAS DI SMK N 6 YOGYAKARTA 2008

    tolong dong kirmkan file-file lengkapnya

    tq


  42. asss,,,saya tertarik dengan judul skripsi ini. Saya minta tolong, krimkan dengan edisi lengkapnya ke email saya untuk bahan refensi dan perbandingan bagi saya. Trims sebelumnya.


  43. assalamu’alaikum wr..wb..

    sya tertarik untuk membaca skripsi ini boleh sya minta file lengkapnya ke email saya…
    mksh sebelumnya,,,


  44. Assalamu’alaikum,salam kenal..
    Saya sangat tertarik dengan judul skripsi Anda. Jika boleh saya minta tolong untuk dikirimkan skripsi ini sebagai referensi saya untuk membuat penelitian…
    Terima kasih banyak sebelumnya kepada Anda.
    Balasannya sangat saya tunggu.
    Wassalam. (^.^)


  45. boleh minta tolong kirimin file lengkapnya ke email saya.
    terimakasih sebelumnya..


  46. saya bisa mndapatkan yg lngkap dmna??klo ad saya mau tau gmna kuesioner nya..mksh..soalnya kti saya rada mirip jd mau nyari referensi


  47. ass, saya sekarang sedang mencari judul kti tentang kespro remaja bisa tolong kirimkan selengkapnya ke email saya?


  48. saya tertarik dengan penelitian ini,tolong kirimkan file penelitian ini k email saya yaa…terimakasih banyak sebeumnya…


  49. gmn cara biar saya dpt penelitian ni secara lengkap.saya tertarik ma penelitian ni…
    mohon bls yaaa………..


  50. saya tertarik dengan judul skripsi ini. Saya minta tolong, krimkan dengan edisi lengkapnya ke email saya untuk bahan refensi dan perbandingan bagi saya. Trims sebelumnya.


  51. Ass. saya penasaran banget ingin tahu skripsinya, bisa mt tolong kirim ke email saya, kalau ada contoh kuesionernya. tks banget


  52. Tolong kirimkan seluruh isi ke email saya, saya sangat tertarik untuk bahan kajian penelitian saya selanjutnya


  53. saya tertarik dengan judul ini,…mhon dikirimkan ke email saya file lengkapnya ya,..terimakasih banyak sebelumnya 🙂


  54. Assalamu’alaikum.

    Saya tertarik dengan skripsi ini bisa minta tolong dikirim ke email saya. terima kasih sebelumnya


  55. Awb…bisa minta Tolong ga??
    saya ingin membaca skripsi anda untuk bahan kajian,,apakah bisa dikirimkan ke e-mail saya?
    terima kasih


  56. asw..saya tertarik dengan judul ini..
    apa boleh saya minta keseluruhan skripsi ini..
    di tunggu ya..
    trimakasih


  57. saya minta seluruh penelitian ini donk..sama angket atau kuesionernya…

    saya tertarik sama penelitian ini..

    makasih banyak ya kalau dikirim….
    ^__^


  58. ass… saya minta tolong apakah bisa dikirimkan seluruh skripsi ini saya sangat berminat untuk membacanya…
    wass
    saya tunggu balasan emailnya


  59. bisa ga saya ambil file skpisi ini selengkapnya, klo bisa kirim di emailq yach….maksih sebelumnya


  60. afwan…saya sedang dalam penulisan skripsi…lgi memilih2 judul sekarang….bisa ga tolong dikirim skripsi ini selengkapnya ke email saya…makassih banget kalo dikirim…


  61. Ass,sy minta tolong apakh bisa dikirimkn seluruh penelitian ini ke email sy



Tinggalkan komentar