h1

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN TINGKAT KESEMBUHAN PENYAKIT PADA BALITA YANG DIDIAGNOSE ISPA DI PUSKESMAS CEPER KLATEN JAWA TENGAH TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh : PARIYAMAH

ABSTRAK

ISPA merupakan penyakit akut anak-anak dan menjadi alasan utama anak berobat serta dirawat disarana kesehatan. Penyakit ISPA menyerang infeksi saluran pernafasan dan mengakibatkan penurunan berat badan, dehidrasi, sakit tenggorokan dan batuk pada anak serta demam. Dari 1281 anak penderita ISPA di Puskesmas Ceper Klaten tidak semua merupakan pasien baru, tetapi ada juga pasien ISPA yang lama (hampir 25 %). Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah kepatuhan pasien dalam melakukan aturan minum obat. Kepatuhan merupakan sikap atau perilaku seseorang dalam melakukan suatu aturan atau kerja dengan penuh kesadaran untuk menyelesaikan tugas dan kewajiban yang di berikan. faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat adalah karakteristik penderita, rigmen obat, lama pengobatan dan efek samping. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kepatuhan minum obat dengan tingkat kesembuhan penyakit pada balita yang didiagnose ISPA di Puskesmas Ceper Klaten Jawa Tengah.

Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan observasi,  rancangan penelitian cross-sectional, Data diperoleh dengan menulusuri rekam medis dan pengisian kuesioner serta dianalisis menggunakan uji Chi Square. Jumlah responden 71 orang.

Hasil penelitian karakteristik responden, laki-laki  (46.5%) dan perempuan (53.5%), umur terbanyak 1 sampai 5 tahun (50,3%), kebanyakan pendidikan orang tua responden SLTA (67.6%), dengan pekerjaan sebagai buruh (43.7%). tidak ada hubungan yang bermakna (p = 0,381 > alfa 0.05) antara kepatuhan minum obat terhadap tingkat kesembuhan penyakit pada balita yang didiagnose ISPA di Puskesmas Ceper Klaten Jawa Tengah tahun 2008.

.

Kata Kunci: ISPA, Kepatuhan Minum Obat, Kesembuhan, Balita.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

21 komentar

  1. maaf. . .
    kalau bisa saya minta file lengkapnya. . .
    di kirim ke email saya. . .
    terima kasih sebelumnya. . .


  2. boleh gk saya minta file yang lengkap, kirim ke email saya


  3. assalamualaikum….
    maaf..
    saya ingin file lengkap.y..tolong kirim ke email saya…
    terima kasiih atas bantuannya


  4. maaf boleh di kirim gak file ini ke email saya???


  5. Bisa di kirimkn fail lengkapnya d emailq


  6. Maaf, kalau bisa z minta fail lengkapnya sesuai dengan aturan yang kita terapkan


  7. Boleh z datap skripsi lengkapnya ?


  8. maaf. . .
    kalau bisa saya minta file lengkapnya. . .
    di kirim ke email saya. . .
    terima kasih sebelumnya. . .
    1. TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ISPA DENGAN PERAWATAN IBU PADA BALITA PENDERITA ISPA NON PNEUMONIA DI PUSKESMAS……………..
    2. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PADA IBU TENTANG PENCEGAHAN ISPA TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA ANAK BALITA DI PUSKESMAS…………
    3. KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN TINGKAT KESEMBUHAN PENYAKIT PADA BALITA YANG DIDIAGNOSE ISPA DI PUSKESMAS…………
    4. HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN ISPA DENGAN PELAKSANAAN KONTROL ULANG DI PUSKESMAS………..


  9. mohon maaf lahir dan batin kawan


  10. salam kenal
    maaf. . .
    kalau bisa saya minta file lengkapnya. . .
    di kirim ke email saya. . .
    terima kasih sebelumnya. . .


  11. maaf..
    kalo boleh saya minta file lengkapnya..
    kirim ke email saya…
    makasih sebelumnya….


  12. mau ni file selengkapnya, tolong kirim ke alamat saya ya..
    terima kasih


  13. mohon maaf…
    bolehkah saya minta file selengkapnya…
    di kirim ke email saya…
    terima kasih sebelumnya…

    …oleh sri 23 mei 2012 at 20:00


  14. Bleh mnta lngkapnya ?
    Makasih


  15. maaf, saya boleh minta file lengkapnya tolong di krim ke email saya yah,thanks…


  16. Mau file lengkapnya donk,bisa dikirim ke email saya?


  17. bolehkah saya minta selengkapnya,klu bleh kirim ke email saya


  18. maaf. . .
    kalau boleh saya minta file selengkapnya. . .
    di kirim ke email saya. . .
    terima kasih sebelumnya. . .


  19. maaf. . .
    kalau bisa saya minta file lengkapnya. . .
    di kirim ke email saya. . .
    terima kasih sebelumnya. . .


  20. mohon maaf…
    boleh kah saya minta yang selengkapnya…
    terimakasih sebelumnya…….


  21. salam kenal,
    maaf kalo bisa saya minta file lengkapnya dikirim ke imel saya,terima kasih sebelumnya



Tinggalkan komentar