h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN MENGHADAPI PERILAKU DISMINORRHOEA DI MAN 2 GARUT JAWA BARAT 2008

5 Mei 2009

Anny Hanifah Muslimah Syaf

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Besarnya proporsi penduduk usia remaja menimbulkan masalah yang berkaitan dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea. Data BKKBN tahun 2005 menunjukan bahwa 45,2% yang mengalami dismenorrhoea dari jumlah 463.597 orang. Di MAN 2 Garut ada yang mengalami dismenorrhoea dengan mayoritas siswinya berusia remaja yang merupakan target dari sampel penelitian.

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea.

Metode : Penelitian ini adalah deskriptif analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 245 siswi MAN 2 Garut Jawa Barat. Pengambilan sampel dengan berstrata, proporsional dan acak         (Stratified Proportional Random Sampling) dan diperoleh sampel sebesar 150 siswi. Instrument yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku menghadapi dismenorrhoea adalah kuesioner. Analisis data dengan menggunakan korelasi ganda.

Hasil Penelitian : Hasil uji korelasi terhadap hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja putri tentang menstruasi dengan perilaku dismenorrhoea menunjukan ada hubungan yang signifikan antara ketiga variable, dengan koefisien korelasi (R hitung) = 0,381 dan r table 0,159 dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 ( p<0,05).

Kata Kunci : Pengetahuan menstruasi, Sikap menstruasi, Perilaku menghadapi dismenorrhoea, Remaja

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

18 komentar

  1. Boleh minta lengkapnya dan kuisionernya? Terimakasih


  2. tolonglah kirim saya file penelitian ini selengkapnya beserta kuesionernya, tx


  3. ya boleh dong lihat smuanya ampe kuisionernya … ??
    makasih 🙂


  4. admin minta lanjutannya ya…makasii


  5. ass..
    boleh saya kirimi file selengkapnya beserta kuisionernya..
    trimakasih banyak


  6. bisa tolong kirimi saya file lengkap skripsi di atas? terima kasih…


  7. minta skripsi n kuisoner na…


  8. minta skripsi n kuisoner penelitian ini dunk…
    butuh bangeeet ne,,,
    kirim ke email aq ea..


  9. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu,,,,
    boleh ngga minta selengkap’X,,,, butuh banget….


  10. bolehkan meminta penelitian hubungan pengetahuan dan sikap tentang mestruasi terhadap dismenorea


  11. Assalamualaikum..
    bolehkah saya minta skripsi selengkapnya untuk penyusunan skripsi saya..
    terima kasih


  12. minta skripsi ini selengkapnya. terima kasih.


  13. aslm..,bisa ga minta selengkapnya??? lagi butuh banget,ditunggu.makasih..


  14. maaf, minta skripsi lengkapnya dong, soalnya sekarang saya sedang menyusun skripsi, tlg balas ke- email saya, trims banyaakkk,,,


  15. boleh minta selengkapnya? plus kuisioner penelitiannyayaw
    makaci
    terinakasih jujha atas inspirasinya, saya jadi semangat mengerjakan proposal yang bikin saya dan semua teman2 saya mempunyai penyakit jantung,,,,


  16. blh , dong liat semuanya, please !


  17. saya minta selengkapnya


  18. boleh dong minta kuisoner penelitian ini….makasih



Tinggalkan komentar