h1

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PASIEN RAWAT INAP KELAS II DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

5 Mei 2009

Oleh : TITIK MARIATI

ABSTRAKSI

Latar belakang : Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran. Penting bagi Rumah Sakit untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pemilihan jasa atau produk Rumah Sakit ini. Perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh keempat variabel dalam bauran pemasaran, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). RSUD Kota Yogyakarta merupakan RSU Tipe C milik pemerintah Kota Yogyakarta tepatnya di bagian selatan. RSUD Kota Yogyakarta ini tepatnya berada di jl. Wirosaban no.1. Yogyakarta

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan minat pasien rawat inap kelas II di RSUD Kota Yogyakarta.

Jenis penelitian : Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSUD Kota Yogyakarta di bagian rawat inap kelas II. Variabel yang diteliti meliputi variabel bebas yaitu bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) dan variabel terikatnya minat pasien. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis product moment untuk mencari hubungan bauran pemasaran dengan minat pasien rawat inap kelas II. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang sedang menjalani perawatan rawat inap di RSUD Kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 84 pasien/responden pada bulan Desember tahun 2007. Dalam penelitian ini menggunakan cara pengukuran dari Issac dan Michael. Penelitian ini mengambil sampel 69 pasien.

Hasil : Terdapat hubungan bauran pemasaran dengan minat pasien rawat inap kelas II di RSUD Kota Yogyakarta.

Kesimpulan : Faktor harga / price dan promosi/promotion menjadi pendukung utama keputusan pasien untuk berkunjung kembali di RSUD Kota Yogyakarta.

Kata Kunci : Bauran pemasaran, minat pasien rawat inap.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. hi……
    aku mau neliti tentanga tingkat pengetahuan dengan minat nie…
    tp aku ga tau literatur yang membhas tentang minat…
    aku boleh minta bantuannya ga?????
    thx….



Tinggalkan komentar