h1

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG SADARI DENGAN PERILAKU SADARI (PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI) PADA ANGGOTA APSARI (AKSEPTOR SATUHU LESTARI) DI RW VIII KELURAHAN WARUNGBOTO KECAMATAN UMBULHARJO D.I.YOGYAKARTA TAHUN 2008

5 Mei 2009

Oleh : Dwiakhid Martyani

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Kanker Payudara merupakan kanker nomor dua yang terjadi pada wanita. Salah satu upaya untuk mengetahui Kanker Payudara yaitu dilakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Berdasarkan data dari Dinkes Kota Yogyakarta terdapat 53 penderita kanker payudara, dan 73 orang dicurigai terdapat benjolan pada payudara. Penelitian ini dilakukan di RW VIII Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta karena terdapat penderita kanker payudara tertinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran antara Hubungan pengetahuan dan sikap tentang SADARI dengan perilaku SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Analisis Kuantitatif dengan pendekatan Studi Cross Sectional, yang dilaksanakan pada bulan Juni – Juli 2008. Sampel penelitan sebanyak 65 responden yang aktif dalam kegiatan Apsari (Akseptor Satuhu Lestari). Data yang dikumpulkan adalah karakterstik responden, pengetahuan, sikap, dan perilaku SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dengan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji korelasi product moment dan Analisis Multiple Corelation (Korelasi ganda).

Hasil : Hubungan Pengetahuan dan sikap dengan perilaku SADARI, dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinan atau R Square (R²) sebesar 0.391 dan R sebesar 0.626 Hal ini berarti koefisien variabel pengetahuan dan sikap tentang SADARI adalah sebesar 63% terhadap perilaku SADARI berarti koefisiennya kuat. Dari hasil analisis statistik didapat F hitung > F tabel (19,931 > 3,14) sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi ada Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap tentang SADARI dengan Perilaku SADARI. Dan hasil pengujian tersebut juga didukung dengan nilai probabilitas (sign) = 0.000 lebih kecil dari pada tingkat signifikan yang telah ditentukan, yaitu α = 0.05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan : Ada Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap tentang SADARI dengan Perilaku SADARI ( Pemeriksaan Payudara Sendiri ) pada Anggota APSARI (Akseptor Satuhu Lestari).

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku, SADARI.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

9 komentar

  1. boleh dunk minta file lengkap nya.. kebetulan ngambil judul itu juga.. mau liat referensi nya az


  2. kak boleh minta yah..yah,,


  3. kak tolong kirim sekripsinya lengkap dong,,, kebetulan judulnya hampir sama,,, terima kasih


  4. kak bisa minta file skripsi lengkapnya nggak ????
    tolong konfirmasi nya ya kak…
    terima kasih ^_^


  5. Kak, minta nomor hapenya boleh nggak?? pengen minta bab 3nya boleh nggak kak???


  6. saya boleh mnta skripsi lengkapnya ga?


  7. sya boleh dapatkan skripsi ini yg lengkap ?
    dimana sya bisa dptkn?
    tlg dbls sgr y
    trimakasih


  8. mau dikirim donk tentang hubungan pengetahuan dan sikap tentang SADARI…mohon secepatnya ya…


  9. kak,bole minta softcopyny?



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 168 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: