h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BAGIAN PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUP Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

5 Mei 2009

Oleh: Famila Mayasari

ABSTRAKSI

Perkembangan terakhir tentang pelayanan kesehatan menunjukkan bahwa masyarakat pengguna pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta semakin menuntut pelayanan yang berkualitas dan bermutu guna mencapai kepuasan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan yang secara langsung mendapat atau turut menggunakan pelayanan di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, dengan jumlah 216 responden. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengetahui pengaruh kualitas terhadap kepuasan pasien. Analisis data yang digunakan menggunakan Regresi Linier Berganda, Uji t dan Uji F.

Hasil pengujian secara serempak didapatkan hasil Fhitung>Ftabel (67,410>2,26) maka kualitas pendaftaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan pendaftaran terhadap kepuasan pasien, yang berpengaruh pada dimensi responsiveness tangibles, dan reliability. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah dimensi responsiveness, hal ini dibuktikan dengan nilai Standarized Beta Coefficient sebesar 0,349. Koefisien determinan (R2) = 0,616, maka kualitas pelayanan pendaftaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien  sebesar 61,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. assalamualaikum.
    saia aiiu mahasiswi kesehatan masyarakat sulawesi utara, manado. sdg menyusun skripsi, mohon bantuannya yah, mohon izin minta karya tulisnya selengkapnya’

    terima kasih 🙂



Tinggalkan komentar