PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN RUMAH SAKIT JASA KARTINI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP
8 Mei 2009ICCA STELA AMALIA
ABSTRAKSI
Pelayanan kesehatan dituntut untuk lebih memfokuskan pada kebutuhan pelanggan, sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik, dan perkembangan teknologi. Rumah sakit sebagai salah satu unit pelaksana pelayanan kesehatan harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jasa pelayanan karena pelayanan yang berkualitas sangat diharapkan oleh para pengguna jasa pelayanan.
Kualitas pelayanan Rumah Sakit dapat diketahui dari penampilan professional personil Rumah Sakit, efisiensi dan efektivitas pelayanan serta kepuasan pasien Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan yang diberikan, indikator yang sering dapat digunakan sebagai objektif adalah jumlah keluhan pasien atau keluarga, kritik dalam kolom surat pembaca, pengaduan mal praktek, laporan dari staf medik dan perawatan.Dalam pengalaman sehari-hari, ketidakpuasan pasien yang paling sering dikemukakan dalam kaitannya dengan sikap dan perilaku petugas RS, antara lain: keterlambatan pelayanan dokter dan perawat, dokter sulit ditemui, dokter yang kurang komunikatif dan informatif, lamanya proses masuk, dan lain-lain (Sabarguna, 2004:2).
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap yang ada di rumah sakit jasa kartini Tasikmalaya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel yang ada digunakan uji regresi linier berganda.
Dari hasil uji statistik tersebut diperoleh thitung untuk fasilitas sebesar 0.137 dan thitung untuk pelayanan sebesar 0.000. sedangkan nilai Fhitung 44.691 dan R2 sebesar 0.637. dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa secara individu variabel fasilitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan namun secra simultan kedua variabel berpengaru terhadap kepuasan sebesar 63,7%.
Kata kunci: fasilitas, pelayanan, kepuasan.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
boleh minta versi lengkapnya buat proposal, plisss
oleh hari 23 November 2014 at 10:56boleh saya minta skripsi lengkapnya untuk tesis saya, tolong kirim ke email saya. terimakasih
oleh yumi 21 Juli 2013 at 12:12boleh saya minta skripsi lengkapnya untuk tesis saya? tolong kirimkan ke email saya. terimakasih sebelumnya
oleh yumi 21 Juli 2013 at 11:52Ada judul skripsi yang terkait sama jamkesmas ga? gimana ara dptnya?
oleh Aira 19 April 2012 at 13:45gimana caranya saya bisa mendapatkan artikel tentang ” Penerapan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap ” beserta sumber validnya. terima kasih
oleh surya rustiani 7 Maret 2012 at 18:35saya ingin melihat lebih dalam variabel-variabel dan parameter2 yg digunakan dalam tesis ini…mohon petunjukknya, bantuannya sangat berharga utk saya…
oleh lenny 12 Juli 2011 at 16:15bagai mana saya bisa mendapatkan bahan tentang fasilitas kesehatan.
oleh dhika 15 Januari 2011 at 11:04atau skripsi ini
Minta versi lengkapnya dunkk…Lagi pusing buat judul skripsi nie
oleh echoarianto 10 Maret 2010 at 06:46sy ingin mendapatkan skripsi lengkap tentang
oleh wiwid 27 Februari 2010 at 05:24PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN RUMAH SAKIT JASA KARTINI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP ini bagaimana caranya?
trimakasih ats perhatiannya