h1

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO

8 Mei 2009

Heni Nurrokhim,

ABSTRAKSI

Latar belakang : Masih  banyaknya angka kesakitan karena diare disebabkan dari faktor ibu dalam penatalaksanaan diare yang benar masih belum memadai, walaupun  program pemberantasan diare sudah dilaksanakan. Salah satu hubungan faktor terjadinya diare pada balita adalah akibat dari faktor ibu sebagai orang yang selalu dekat dan memelihara kesehatan anak dan memberi makan. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo tahun 2005 menunjukkan bahwa angka kesakitan diare di Puskesmas I Mojolaban Kabupaten Sukoharjo menempati urutan ketiga dari 21 Puskesmas, dengan jumlah penderita 2.574 orang penderita dengan 33,8% (870) penderita diantaranya adalah balita.

Tujuan : mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kejadian diare  pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas I Mojolaban Kabupaten Sukoharjo  tahun 2007.

Metode : penelitian ini merupakan penelitian explanatory research, metode survey dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak balita yang berkunjung/berobat ke Puskesmas I Mojolaban pada bulan Desember 2007 s/d Februari 2008 sebanyak 219 anak balita, yang diambil sampel sebanyak 67 anak balita. Variabel bebas pengetahuan ibu tentang diare dan sikap ibu terhadap diare Variabel terikat :  kejadian diare pada anak balita 2 bulan terakhir. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi square dengan nilai kemaknaan a 0,05.

Hasil : umur responden sebagian besar (66,15%) antara 31–35 tahun, pendidikan terakhir responden paling banyak SLTP yaitu 63,07% , Pengetahuan responden sebagian besar adalah cukup (47,80%) dan yang berpengetahuan kurang 10,40%. Hasil uji statistik korelasi Chi square dengan tingkat kepercayaan 95% atau  a = 0,05, didapatkan nilai X2 = 45,805 dan p = 0,000 Sedangkan yang memiliki pengetahuan baik tentang diare sebesar 41,8%. Sebagian besar ibu balita (56,70%) memiliki sikap tidak mendukung. Sedangkan yang memiliki sikap mendukung sebesar 43,30%. Hasil uji statistik korelasi Chi square dengan tingkat kepercayaan 95% atau  a = 0,05, didapatkan nilai X2 = 48,233 dan p = 0,000.

Kesimpulan : ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan kejadian diare pada balita. Ada hubungan yang bermakna antara sikap ibu dengan kejadian diare pada anak balita.

Kata kunci  : Pengetahuan, sikap, kejadian diare.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. bolehkah saya minta file secara lengkapnya,?mohon bantuannya,
    saya tertarik dengan judul ini,tlg kirim ke email saya ya,!
    makasih


  2. asslamu’alaikum wr wb
    saya tertarik dengan judul skripsinya anda, tapi sayang ga lengkap. bisa ga saya minta file lengkapnya. terimakasih.
    wassalam..


  3. yang lengkap donk KTI,Nya


  4. bs mnta file lengkapx?????mkc sblmx….


  5. boleh mnta file lengkapnya gak?
    penting nichhh


  6. Bgmna sya bsa menerima file lengkap nya ?


  7. assalamu’alaikum..

    sya tertarik juga dengan sekripsi ini..
    boleh sya minta file lengkapnya ke email sya..
    maksih sebelumnya…


  8. hai…
    sya kenya, bsa anda tampilkan kuesionar penelitiannya??
    slx sya akan buat penelitian yang berhub. dgn tesis anda.
    tlg dibantu ya….


  9. kalau blh skripsi dengan judul diatas tolong dikirim.
    makasih


  10. klo ada yang judulnya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan penatalaksanaan diare pada balita. tp itu juga gk pa2.


  11. Boleh g’ data’y disajikan lbh lengkap?? makasih



Tinggalkan komentar