h1

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN PRE OPERASI DI BANGSAL MELATI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

8 Mei 2009

OLEH :  ZIADATUL AMALIYAH

ABSTRAKSI

Operasi merupakan salah satu pemecahan yang dilakukan oleh dokter untuk mengobati kondisi yang sulit ataupun yang tidak mungkin disembuhkan hanya dengan obat-obatan sederhana. Tindakan pembedahan juga merupakan pengalaman yang sulit bagi hampir semua pasien karena berbagai kemungkinan buruk dapat terjadi yang akan membahayakan pasien. Maka tidak heran bila sering kali pasien menunjukkan sikap yang berlebihan dengan kecemasan yang mereka alami terkait dengan segala macam prosedur pembedahan, sikap yang berlebihan dari pasien berupa kecemasan kemungkinan besar mempengaruhi tekanan darah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian non eksperiman dengan metode kuantitatif dan rancangan cross sectional dan metode pengolahan data menggunakan data Korelasi Point Biserial. Sampel yang diambil adalah 35 pasien pre operasi di Bangsal Melati RSD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2008.

Hubungan tingkat kecemasan dengan tekanan darah pada pasien pre operasi di Bangsal Melati RSD Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta adalah ada hubungan agak rendah, dimana hasil dari korelasi adalah 0,41 dan r tabel 0,325 dengan signifikansi 5%, dengan hasil, tingkat kecemasan ringan sebanyak 23 responden dengan persentase 65,71%, dan yang mengalami peningkatan tekanan darah sebanyak 23 responden dengan persentase 65,71%.

Kata Kunci: Pre Operasi, Kecemasan, Tekanan Darah

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. minta refrensinya boleh gak?


  2. asskm mbk…
    boleh tahu gak refensi bukunya.. ap aj?? tentang judul di atas..



Tinggalkan komentar