h1

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES KULON PROGO-YOGYAKARTA 2008

9 Mei 2009

FitriAnggraini

ABSTRAKSI

Hubungan terapeutik perawat-pasien merupakan pengalaman belajar timbal balik dan pengalaman emosional korektif bagi pasien. Dalam hubungan ini, perawat menggunakan diri (self) dan teknik-teknik klinis tertentu dalam menangani pasien untuk meningkatkan pemahaman dan perubahan perilaku pasien

Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepatuhan klien dalam hal pengobatan dan perawatan penyakitnya, serta mempunyai peranan yang cukup besar bagi kepuasan klien yang berobat dan dirawat, sebaliknya hubungan interpersonal dan komunikasi yang tidak baik akan mengurangi kepuasan klien. Penggunaan komunikasi terapeutik merupakan media dalam mengembangkan hubungan antara perawat dan klien.

Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang mempunyai efek penyembuhan. Karena komunikasi terapeutik merupakan salah satu cara untuk memberikan informasi yang akurat dan membina hubungan saling percaya terhadap pasien, sehingga pasien akan merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya. Apabila perawat dalam berinteraksi dengan klien tidak memperhatikan teknik dan tahapan baku komunikasi terapeutik dengan benar dan tidak berusaha untuk menghadirkan diri secara fisik yang dapat menfasilitasi komunikasi terapeutik, maka hubungan yang baik antara perawat dan pasienpun akan sulit terbina.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Klien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.

Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini merupakan desain penelitian non eksperimen dan menggunakan analisis data penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan kepuasan klien di ruang rawat inap RSUD Wates, Kulon Progo, Yogyakarta dengan nilai koefisien kontingensi 0,394 dan taraf signifikansi p=0,01 (p<0,05).

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan, Tindakan Keperawatan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

28 komentar

  1. siang,boleh minta referensi yang lengkap tentang skripsi ini.terimakasih


  2. ass maaf boleh minta skripsi lengkapnya ga,,saya butuh buat riferensi skripsi saya,,,,bisa kirim ke mail saya


  3. sya mnta contoh percakapan tahapan dlm omunikasi terapeutik yang lengkap


  4. boleh ga ya saya minta contoh skripsi lengkapnya dan minta referensi2nya thk


  5. met pagi, boleh ngak minta contoh skripsinya untuk bahan referensi. trims ya .kalau boleh kirim ke email saya


  6. selamat malam blh minta skripsi lengkap, buat di jadikan referensi saya . klo bleh kirim ke email saya. terimakasih


  7. minta lengkap nya mbak ?
    terima kasih be4


  8. asslmualikm…
    bgus nie skripsinya…
    bleh minta rferensi lengkapnya g??
    krm ke email aq ya…mksia sblmnya…


  9. boleh minta nda refrensi lengkapnya……


  10. boleh minta lengkapnya


  11. tolong kirim ke email q donk …………. pengen liat lengkapnya….


  12. ass,,
    boleh ga saya minta contoh skripsi lengkapnya,,
    buat referensi ajah.. makasihya sebelumnya. tolong kirim ke email saya..
    terima kasih..


  13. bagaimana cara dapat skripsinya??


  14. makasi bnget udah posting
    saya butuh bnget content ini buat tugas ahir
    .kalo bisa sih kirim ke emailku buat referensi


  15. makasi bnget udah posting
    saya butuh bnget content ini buat tugas ahir


  16. Tolong kirim dong artikel ini ke email saya, buat referensi. thanks


  17. boleh minta contoh riset keperawatan tentang penerapan komunikasi terapeutik pada anak dan tingkat kepatuhan penderita DM terhadap diet


  18. slmat malam..boleh nggak saya minta contoh lengkapnya??
    terimakasih sebelumnya…


  19. as.boleh g’ aq minta contoh lengkapnya?


  20. wah,,, keren judulnya,,, bisa kirim filenya pengen lebih mengerti


  21. ass.

    tolong untuk keperluan pembelajaran saya bisa dikirimi data selengkapnya. Terima kasih ibu.

    wass

    yasir


  22. boleh nggak saya minta contoh lengkapnya?mau bikin analisa jurnal.terimakasih.


  23. assalamuallaikum boleh g saya pinjam contoh skripsinya?saya lg buat skripsi di akhir program tp kesulitan referensinya.seandainya bisa kbls ke email saya….matur suwun.


  24. selamat pagi..saya andi, oya boleh gak saya minta skrifsi lengkap yg ini krn saya perlu untuk refrensi saya, karena saya sekarang lagi persiapan buat skrifsi


  25. boleh saya minta selengkapnya ttg hasil riset ni untuk referensi tugas saya
    trimakasih sebelumnya


  26. met siang, saya lagi butuh banget referensi untuk judul penelitian yang memuat kepuasan klien, gimana caranya tuk dapat skripsi lengkapnya, trims sebelumnya, jawaban saya tunggu di email saya. thanks.


  27. met siang, boleh ga saya minta contoh skripsi ini buta referensi tugas saya.. makasih sebelumnya..


  28. met siang , boleh nggak saya minta contoh skripsi lengkapnya yang ini ,soalnya lagi bikin skripsi juga nih…buat referensi aja.thanks yah sebelumnya.Kalo bisa kiri ke email saya thanks.



Tinggalkan komentar