h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG POLA MAKAN DIABETUS MILITUS DENGAN KADAR GULA DARAH PENDERITA DIABETUS MILITUS TIPE II DI BPKM DINAS KESEHATAN DAN SOSIAL KABUPATEN BOYOLALI

11 Mei 2009

ABSTRAKSI

Latar belakang penelitian ini adalah penyakit diabetes militus dapat dikurangi resiko komplikasinya dengan pengaturan diet atau pola makan yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah. Pengetahuan tentang pola makan sangat diperlukan bagi penderita diabetus melitus untuk dapat melakukan diet yang tepat.

Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan tentang pola makan diabetus militus dengan kadar gula darah  penderita diabetus militus di BPKM Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Boyolali.

Metode penelitian : Jenis penelitian ini studi korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah responden 43 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang memenuhi kriteria validitas product moment dan reliabilitas alpha. Analisis data menggunakan uji kendalls tau-b.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar atau 48,8 % pasien diabetus melitus tipe II memiliki pengetahuan tentang pola makan kategori sedang dan 62,8 % pasien diabetus melitus tipe II di BPKM Dinas Kesehatan dan Sosial Boyolali memiliki kadar gula darah normal. Hasil uji statistik kendall tau-b : Pengetahuan dengan kadar gula darah  dengan nilai P = 0,002 < 0,05.

Kesimpulan : Ada hubungan tingkat pengetahuan tentang pola makan diabetus militus dengan kadar gula darah  penderita diabetus militus di BPKM Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Boyolali.

Kata Kunci: Pengetahuan, Pola makan, Gula darah, Diabetus Militus.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. saya butuh skripsi ini lebih lengkap…gimana caranya?



Tinggalkan komentar