h1

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI DUKUH BEKANGAN SEMBUNGAN NOGOSARI BOYOLALI JAWA TENGAH

15 Juli 2009

INTI SARI

Yunita Tri Wardani

Latar belakang : Salah satu proses perkembangan anak adalah pekembangan anak karena merupakan awal dari kecerdasan dan emosi sosialnya. Tumbuh kembang anak terdiri dari beberapa tahapan dimana setiap tahapan mempunyai ciri tersendiri salah satunya adalah usia prasekolah. Peran seorang ibu khususnya sangat penting dalam menentukan perkembangan anak, sehingga ibu harus memiliki pengetahuan tentang stimulasi perkembangan anak.

Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak dengan perkembangan anak usia 3 – 5 tahun.

Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bersifat deskriptif analitik, dengan menggunakan pendekatan cross sectional .Jumlah sampel ada 30 responden (pasangan ibu dan anak dengan usia 3-5 tahun) yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data diperoleh dari kuesioner untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak dan tes skrining pekembangan menurut Denver II untuk mengetahui perkembangannya. Data dianalisa secara statistik dengan menggunakan uji Spearman  Rho.

Hasil penelitian : Dari 30 responden ditunjukkan bahwa 16 responden (53,33%) memiliki pengetahuan baik dan 23 anak (76,67%) dalam kategori perkembangan psikomotornya normal. Berdasarkan cross tabel diperoleh hasil pengetahuan baik dan memiliki anak dengan perkembangan psikomotornya normal adalah sebesar (53,33%). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak dengan perkembangan anak dengan usia 3-5 tahun ditunjukkan dalam uji statistik rhit = 0,667 dengan taraf signifikan p =0,01.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun.

Kata kunci : Pengetahuan Ibu, Stimulasi, Perkembangan anak

5 komentar

  1. tolong dong kirimkan bab1 sampai bab 3 nya


  2. bisakah saya dapatkan contoh KTI ny ?


  3. tolong kirimkan bab 1 sampai bab 3 nya donk beserta referensinya ya………………terima kasih


  4. saya tertarik dengan penelitian tentang HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI DUKUH BEKANGAN SEMBUNGAN NOGOSARI BOYOLALI JAWA TENGAH
    Bagaimana agar saya bisa mendapatkan contoh KTI_nya?


  5. tlg kirimkan bab 1 sampai bab 3 besserta referensinya.trimakasih



Tinggalkan komentar