h1

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG ASI EKSKLUSIF TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPAN IBU MENYUSUI DALAM MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI DESA MEGATI TABANAN-BALI

3 Mei 2009

Kadek Yemi Ariyanti

ABSTRAKSI

Latar Belakang. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi, tidak dapat diganti dengan makanan lainnya dan tidak ada satupun makanan yang baik dalam kandungan gizinya, enzim, hormon, maupun kandungan zat imunologik dan antiinfeksi. namun akhir-akhir ini sangat disayangkan banyak diantara ibu-ibu meyusui melupakan keuntungan menyusui dengan membiarkan bayi terbiasa menyusu dari alat pengganti, padahal hanya sedikit bayi yang sebenarnya harus menggunakan susu botol atau susu formula.

Tujuan. Mengetahui Bagaimana Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Kesiapan Ibu Menyusui Dalam Memberikan ASI Eksklusif  di Desa Megati Tabanan Bali.

Metode Penelitian. Jenis penelitian adalah intervensi dengan rancangan one group pre tes post tes design, populasi sebanyak 55 orang diambil sampel dengan metode purposive sampling. Didapatkan responden dengan jumlah 30 orang dengan metode pengambilan data primer melalui pengisian kuisioner pengetahuan tentang ASI eksklusif dan kesiapan memberikan ASI eksklusif.

Hasil. Jumlah responden dengan pengetahuan tinggi meningkat sebanyak 8 orang/ sebesar 27 % dan Jumlah responden dengan pengetahuan rendah menurun hingga 10 orang/ sebesar 33 % dan jumlah responden dengan kesiapan baik meningkat sebanyak 14 orang/ sebesar 47 %.

Kesimpulan. Ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan sebesar t = −9, 381 dan kesiapan sebesar t = −6,696 dengan harga P= 0,000 (P< 0, 05) Ho ditolak. Ada beda rata-rata antara sebelum dan sesudah pemberian penyuluhan kesehatan.

Kata kunci : Penyuluhan ASI Eksklusif, Pengetahuan, Kesiapan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

14 komentar

  1. mbak, saya butuh referensi dari judul ini, bantu saya


  2. mba, saya butuh referensi dari judul ini. bantu saya…


  3. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PEMBERIAN ASI PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI RSU PANDAN ARANG BOYOLALI


  4. Kirimkan soft copy skripsi ini
    FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PEMBERIAN ASI PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI RSU PANDAN ARANG BOYOLALI


  5. saya butuh artikel tenatng gambaran pengetahuan ibu hamil trimester 3 tentang asi eksklusif ..tq


  6. tolong skripsi mengenai pengaruh setatus gizi terhadap siklus mensturasi…kirim ke email ya…pleaseee


  7. saya minta skripsinya yahh u/ d pelajar …yg lengkap txz


  8. saya minta skripsi_na dunk””’ yg lengkap ia. thanks


  9. Saya minta lengkapnya skripsi ini tolong… trimakasih


  10. saya bngung…….referensi tentang judul skripsi saya ini,,,, bagus ea dari mana aja ea……….bantuin adonk????


  11. mbak,saya minta bantuannya untuk lengkapnya,dan artikel yang bisa saya jadikan pelengkap,juga mgkn petunjuk untuk referensi yang lain mbak.thanks be4 ya mbak


  12. ass..
    saya sangat membutuhkan data-data tentang asi eksklusif serta mohon dikirimkan skripsi lengkap yang berjudul pengaruh penyuluhan kesehatan tentang asi eksklusif terhadap pengetahhuan dan kesipan ibu menyusui dalam memberikan ASI eksklusif…

    mohon dikirim ke email saya….
    thanks sebelumnya


  13. SAYA MASIH MEMBUTUHKAN REFERENSI DARI JUDUI INI.BANTUIN DONG…


  14. saya sangat butuh jurnal tentang penyuluhan ASI ini, untuk menyelesaikan pembahasan KTI sya yg berjudul PENGARUH PENYLUHAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSLUSIF. saya sangat berharap diberikan jurnal ini yg lengkap. terimakasih.



Tinggalkan komentar