h1

PERUBAHAN GEJALA HALUSINASI PASIEN JIWA SEBELUM DAN SETELAH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK STIMULASI PERSEPSI HALUSINASI DI RUMAH SAKIT GRHASIA PROVINSI DIY

3 Mei 2009

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Di Rumah Sakit Grhasia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,  pasien yang mengalami gelaja gangguan jiwa termasuk pasien dengan gejala halusinasi biasanya diberi intervensi keperawatan berupa aktifitas-aktifitas yang sesuai dengan kemampuan pasien. Intervensi keperawatan tersebut antara lain: Terapi Individu, Terapi Kerja, Terapi Kognitif, Terapi Aktifitas Kelompok, Terapi Keluarga, Home Visite. Terapi Aktifitas Kelompok menjadi salah satu cara terapi modalitas yang dikerjakan di Rumah Sakit Grhasia, karena terapi aktifitas kelompok merupakan tindakan terapi yang sering dilakukan dan efisien baik dari waktu, tenaga dan jumlah pasien yang dihadapi.

Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan gejala halusinasi pasien jiwa sebelum dan setelah  terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi halusinasi pasien rawat inap di RS Grhasia Provinsi DIY.

Metodologi Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-posttest design. Sampel penelitian ini diambil 20 orang pasien yang terdiri dari 10 pasien laki-laki dan 10 pasien perempuan. Data diambil dengan metode wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan  uji t amatan ulangan (pairs t-test) dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil Penelitian: Rerata gejala halusinasi pasien jiwa sebelum Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi sebesar= 9,500 dan rerata setelah sebesar= 5,250. Hasil analisis dengan software komputer diperoleh t  hitung= 10,902 dengan p<0,05 dan dinyatakan signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan: Terdapat perubahan (penurunan) yang signifikan gejala halusinasi pasien jiwa sebelum dengan setelah Terapi Aktifitas Kelompok Stimulasi Persepsi di Rumah Sakit Grhasia Provinsi DIY. Terapi Aktifitas Kelompok Stimulasi Persepsi mampu menurunkan gejala halusinasi pasien jiwa di Rumah Sakit Grhasia Provinsi DIY sebesar= 44,737%.

Kata Kunci: Halusinasi, Terapi Aktivitas Kelompok Stimulasi Persepsi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

17 komentar

  1. asslam
    kirimm jurnaal ini,
    soalnya mau dipake buat penelitian

    makasih sebelumnya


  2. tolong di kirimn jurnal tentang keperawatan jiwa terbaru,
    trims


  3. bagaimana cara mendapatkan full tetntang skripsi ini
    trims


  4. ass. tolong kirim tulisan tentang peran PLKB dalam mensukseskan program keluarga berencana, atas perhatian dan pertolongannya terima kasih banyaaaak


  5. tolong dong kirimin jurnal ini pleaaseee


  6. ass, bisa tolong dikirimkan lewat email gak thanks


  7. Ass…tolong kirim jurnaal ini,.gan
    lgi butuh


  8. toloongg kirimm jurnaal gan
    ane mau pake


  9. asslam
    kirimm jurnaal ini,.gan
    soalnaa mau die pake buat penelitian

    makasiieeh


  10. minta tolong kirimkan data lengkap nya via email boleh ?
    makasih banyak


  11. tolong kirim ke email saya

    tolonggggg saya perlu secepatnya


  12. tolong dong kirim jurnal ini selengkapnya


  13. tolong kirim yang lengkap y.., krn saya baru butuh jurnal tentang keperawatan jiwa. terima kasih..,


  14. saya butuh jurnal ini untuk ujian saya… tolong kirim ya.. makasi,..


  15. toloongg kirimm jurnaal ini,.
    soalnaa mau die pake besokk pagii,..

    makasiiee,..


  16. tolong kirimkan data yang lengkap dong masalahnya saya butuh banget untuk saya jadikan jurnal…………..thanks sebelum dan sesudahnya


  17. Ass…tolong kirim yang lengkap dong,aku lagi btuh bgt judul skripsi tentang keperawatan jiwa.thank’s



Tinggalkan komentar