h1

TINGKAT DEPRESI PASCA SATU TAHUN GEMPA BUMI YOGYAKARTA 27 MEI 2006 DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA UNIT BUDI LUHUR KASONGAN BANTUL YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh : Tri Hardi Miftahul Ulum

ABSTRAKSI

Gempa bumi Yogyakarta 27 Mei 2006 adalah sebuah gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Peristiwa ini berpengaruh terhadap segala aspek kehidupaan masyarakat, karena bencana alam yang terjadi sangat luar biasa. Lanjut usia merupakan salah satu korban yang mempunyai dampak paling besar khususnya pada kejiwaannya. Pertumbuhan jumlah penduduk lanjut usia di Indonesia tercatat sebagai paling pesat di dunia. Meningkatnya jumlah penduduk usia lanjut akan disertai dengan meningkatnya gangguan atau masalah kesehatan. Demikian juga dengan lanjut usia di PSTW Budhi Luhur Yogyakarta banyak mengalami gangguan atau masalah kesehatan yaitu depresi. Dampak dari lansia yang mengalami depresi akan mempengaruhi kesehatan dan kehidupan lanjut usia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui tingkat depresi pada lansia pasca satu tahun gempa di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Yogyakarta.

Penelitian ini bersifat deskriptif analitik memaparkan peristiwa yang urgen dengan pendekatan Cross sectional menekankan pada waktu pengukuran, hanya satu kali pada satu saat dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah total populasi dan diseleksi dengan kriteria inklusi hingga didapat sampel berjumlah 60 orang lansia. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner GDS untuk mengetahui tingkat depresi lanjut usia.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat depresi pasca satu tahun gempa bumi Yogyakarta adalah pada skala ringan-sedang (50%), dan diketahui tanda-tanda gejala depresi yang muncul pada lanjut usia baik itu secara fisik, psikis dan sosial.

Kata Kunci : Depresi, Lansia

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. kira2 kalo ingin melihat lebih lengkap harus bagaimana ya? soalnya skripsi saya berkaitan dengan hal tersebut, hanya saja temoatnya di pangalengan….


  2. kak ak minta soft skripsi ini dnk cz skripsiku mengenai tingkat depresi n uji validasi dan uji reliabilitas GDS yang di pake brpa????? tlg bls ke email ku secepatnya ya kak ….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: