h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG KEGIATAN POSYANDU LANSIA DENGAN PARTISIPASI LANSIA DI POSYANDU WILAYAH PUSKESMAS PATUK 1 KABUPATEN GUNUNG KIDUL 2008

3 Mei 2009

slamet Mulyani

ABSTRAKSI

Keberhasilan dalam bidang peningkatan dan pencegahan penyakit telah meningkatkan kualitas hidup manusia dan menjadikan rata rata umur harapan hidup meningkat keadaan ini menyebabkan jumlah usia lanjut semakin besar. Permasalahan yang akan timbul pada lansia yaitu : Kelemahan, Keterbatasan, Ketidak mampuan, dan keterlambatan. Dalam upaya preventif dan promotif dibutuhkan partisipasi aktif dalam kegiatan posyandu lansia untuk mengatasi permasalahan lansia yang timbul.

Dengan adanya hal tersebut diatas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang kegiatan posyandu lansia dengan partisipasi lansia wilayah kerja puskesmas Patuk 1, Kabupaten Gunung kidul.

Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional, populasinya adalah lansia yang berumur 60-70 th yang datang pada posyandu lansia yang berada di wilayah kerja Puskesmas Patuk I Kabupaten Gunung kidul yaitu sejumlah 432 lansia pengambilan sample secara random sampling dengan jumlah sample 82 sample, pengambilan data menggunakan kuesioner dan uji statistik chisquate dengan taraf signifikansi 0,05.

Berdasarkan nilai p (0,05) yang berarti ada hubungan antara pengetahuan tentang kegiatan posyandu lansia dengan partisipasi lansia di posyandu wilayah kerja Puskesmas Patuk 1, Kabupaten Gunung Kidul.

Kata kunci : Pengetahuan, partisipasi, posyandu lansia

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. mohon soft copy skripsi tersebut, sebagai referensi penelitian saya… terimakasih


  2. bgmn cara dpt lengkapnya?
    mohon dikirim lengkapnya ya?
    makasih.


  3. bgma cara supaya dpt lengkap nya?
    tolong di kirim di email saya.
    terima kasih.


  4. mohon soft copy skripsi tersebut, trimakasih


  5. mohon soft copy skripsi tersebut, untuk referensi penelitan saya tentang lansi,,,
    Terima kasih,,,


  6. Salam… Mohon soft copy skripsi tersebut, untuk referensi penelitian saya…
    Terimakasih


  7. ingin dikirim bab1-bab3 nya….
    makasih…



Tinggalkan komentar