h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN GIGI DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN KEDUNGBULUS KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN 2008

3 Mei 2009

Sutarmi

ABSTRAKSI

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui  hubungan tingkat pengetahuan tentang perawatan gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas V dan VI di SDN Kedungbulus, sedangkan tujuan khususnya adalah diketahuinya tingkat pengetahuan tentang perawatan gigi  dan angka kejadian karies gigi pada siswa tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental  dengan menggunakan pendekatan waktu cross sectional dan desain deskripsi korelasi antara tingkat pengetahuan sebagai variabel bebas (X)  dan kejadian karies gigi sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan mengambil seluruh siswa kelas  V dan VI di SDN Kedungbulus  berjumlah 30 orang, terdiri dari 16 siswa kelas V dan 14 siswa kelas VI sebagai responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk menjaring data tingkat pengetahuan yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabiltiasnya menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan rumus Belah Dua  Spearman-Brown. Selain itu digunakan cara pemeriksaan karies gigi untuk menjaring data kejadian karies gigi. Analisis datanya menggunakan rumus rumus   Chi Square.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) terdapatnya hubungan antara tingkat pengetahuan tentang perawatan gigi  dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas V dan VII di  SDN Kedungbulus; (2) tingkat pengetahuannya didominasi oleh tingkat pengetahuan dengan kategori tinggi dan sedang; dan (3) angka kejadian karies gigi  didominasi oleh siswa yang tidak mempunyai karies gigi

Kata kunci: tingkat  pengetahuan,  kejadian karies gigi,  korelasi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. maaf boleh minta lengkapnya biar bs jd refrensinya


  2. min, mau liat full text sama kuesionernya boleh ? caranya gmna ?


  3. boleh mintak yang lebih lengkap lagi


  4. bapak/ibu saya boleh minta file ini secara lengkap?saya butuh sebagai bahan referensi dan contoh penelitian.kalo boleh dengan kuisionernya…..makasih sebelumnya…


  5. bapak/ibu saya boleh minta file ini secara lengkap?saya butuh sebagai bahan referensi dan contoh penelitian.kalo boleh dengan kuisionernya…..makasih sebelumnya…


  6. bapak/ibu saya boleh minta file ini secara lengkap?saya butuh sebagai bahan referensi dan contoh penelitian non eksperimental


  7. bapak/ibu saya boleh minta file ini secara lengkap?saya butuh sbg referensi saya. terimakasih sebelumnya


  8. mz boleh minta full textnya…blas ya mz,,,kirim ke email saya…trimsss


  9. maaf saya juga lagi nyari quesionernya…

    saya juga baru buka situs ini buat konsep dasar saya…

    bagi siapa yang punya quesionernya tolong kirimin dunzz…


  10. boleh minta kuesionernya???



Tinggalkan komentar