h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN SIKAP ANGGOTA BHAYANGKARI DALAM DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI POLRES BOYOLALI TAHUN 2008

3 Mei 2009

Sutarmo

ABSTRAKSI

Latar Belakang penelitian ini adalah kanker payudara menyerang pada 10 dari 100 ribu perempuan. Perkembangan kanker payudara dapat dicegah melalui deteksi secara dini, penyakit itu dapat disembuhkan. Mengetahui kanker payudara secara dini dapat dilakukan sendiri dan tidak perlu biaya, melalui periksa payudara sendiri. Dengan mengetahui kanker payudara dapat menumbuhkan sikap para anggota Bayangkari Polres Boyolali dalam deteksi dini kanker payudara.

Masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara pengetahuan tentang kanker payudara dengan sikap anggota Bayangkari dalam deteksi dini kanker payudara di Polres Boyolali. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan pengetahuan kanker payudara dan sikap dalam deteksi dini. Jenis penelitian ini studi korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah responden 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang memenuhi kriteria validitas product moment dan reliabilitas alpha. Analisis data menggunakan uji kendalls tau-b.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar atau 46,7 % anggota Bhayangkari tingkat pengetahuan kanker payudara kategori baik dan 70,0 % anggota Bhayangkari memiliki sikap mendukung deteksi dini kanker payudara. Hasil uji statistik kendall tau-b : Pengetahuan dengan sikap Anggota Bhayangkari  nilai P = 0,002 < 0,05 sehingga penelitian ini disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan tentang pengetahuan kanker payudara dengan sikap anggota Bhayangkari dalam deteksi dini kanker payudara di Polres Boyolali.

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Kanker Payudara, Anggota Bhayangkari.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: