h1

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HIPERTENSI DI PUSKESMAS MUSUK II KABUPATEN BOYOLALI

3 Mei 2009

JONO

ABSTRAKSI

Latar Belakang :Hipertensi merupakan masalah kesehatan didunia karena menjadi faktor resiko utama dari penyakit kardiovaskuler dan stroke.. Berdasarkan hasil survei kesehatan rumah tangga yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan (1986) masalah kardiovaskuler semakin meningkat, sehingga pada tahun 1992 telah mencapai urutan pertama sebagai penyebab kematian.

Tujuan : Dengan adanya hal tersebut diatas maka perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hipertensi di Puskesmas Musuk II Kabupaten Boyolali.

Metode Penelitian :Penelitian ini termasuk jenis Korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kegemukan dan obesitas,  riwayat keluarga (keturunan), kebiasaan merokok dan kebiasaan minum kopi dengan kejadian hipertensi di Puskesmas Musuk II Kabupaten Boyolali. Analisis data yang digunakan adalah korelasi Berganda .

Hasil :Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden sebagian besar adalah berusia lebih dari 50 tahun (69,74%), mempunyai kebiasaan minum kopi (85,50%), tidak mempunyai kebiasaan merokok (67,10%), mempunyai keturunan yang menderita hipertensi (73,70%),dan  mengalami obesitas/kegemukan (76,30%). Keadaan ini menimbulkan tingkat hipertensi yang tinggi terhadap responden yaitu sebanyak 64 orang (84,20%). Analisis data menggunakan korelasi berganda diperoleh bahwa faktor obesitas/kegemukan berhubungan dengan hipertensi responden. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,523 lebih besar r tabel (0,227) pada tingkat signifikansi 0.000.Faktor kebiasaan minum kopi berhubungan dengan kejadian hipertensi responden. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi 0,449 lebih besar r tabel (0,227) pada tingkat signifikansi 0.000 dan juga ada hubungan riwayat keluarga dengan kejadian hipertensi responden Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,314 lebih besar r tabel (0,227) pada tingkat signifikansi 0.006. Untuk faktor kebiasaan merokok tidak ada hubungan dengan kejadian hipertensi responden. Hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,073 lebih kecil r tabel (0,227) pada tingkat signifikansi 0.532

Kata kunci :    kebiasaan minum kopi, kebiasaan merokok, keturunan, obesitas/kegemukan, Hipertensi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

17 komentar

  1. Saya minta skripsi ini yang lengkap buat refrensi baca baca, terimakasih.


  2. maaf boleh minta full versionnya. terima kasih


  3. salam kenal, bolehkah saya minta full version untuk KTI ini. Terima Kasih.


  4. hyyyy salm kenal ya…….
    sya mw cri contoh proposal mengenai faktor2 yang mempengaruhi ibu hamil(themanya:HIPERTENSI)


  5. bolehkah saya mengetahui lebih detail ttng kti anda yg mmbhas ttng ht dan mnum kopi


  6. hai,,salam kenal..sy mau buat skripsi seperti judul ini,,boleh gak saya minta contohnya..thanks


  7. maaf bila berkenan mau lihat skripsi lengkapnya utk contoh66 thanks


  8. maaf bila berkenan minta skripsi lengkapnya utk contoh^^,thanks


  9. bsa ga mnta selengkapx…


  10. saya akan membuat skripsi ttg judul spt kmu, mhn bantuannya dunks buat referensi saya,,, terima kasih sebelumnya….


  11. Saya Minta yg Lengkap ,,,


  12. tolng skripsi lengkapnya………..


  13. skripsi yang di buat hampir mirip dengan penelitian yang akan saya lakukan,sebagai referensi saya,bisa saya minta dokumen lengkapnya,terima kasih


  14. tolong saya tentang pengaru rendam bayi baru lahir dengan kejadian hipotermi.


  15. ka,aq minta datanya donk.tlg krim ke email aq buat tanbahan skripsiku ka.thq


  16. tolong donk.. saya butuh skripsi lengkapnya.. makasih yha


  17. pagi salam kenal… mau nanya kl minta data yang full gimana yah?? buat baca2 nech maklum saya seneng banget kopi… hehe

    salam
    adjie



Tinggalkan komentar