h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN DI DUSUN JETIS SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

Oleh : NANIK SUKISNI

ABSTRAKSI

Peran aktif orang tua terhadap perkembangan anak-anaknya sangat diperlukan terutama pada saat mereka masih berada dibawah usia lima tahun (Balita). Seorang anak yang baru lahir secara mutlak bergantung pada lingkungannya, supaya ia dapat melangsungkan kehidupan dan mengembangkan kemampuan dasar yang dimilikinya.

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan dengan perkembangan anak usia 1-5 tahun di Dusun Jetis, Saptosari, Gunungkidul yang dilakukan pada tanggal 9-23 April 2008.

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian non eksperimen yang bersifat korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total sampling sejumlah 38 responden. Analisa data menggunakan korelasi Kendal Tau dengan batas kemaknaan p <0,05.

Uji statistik bedasarkan hasil korelasi Kendal Tau menunjukkan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,574 dengan taraf signifikansi 0,01 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ho atau hipotesa nihil ditolak dan menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan dengan perkembangan anak usia 1-5 tahun.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perkembangan, Anak usia 1-5 tahun

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. giman caranya dapat softcopynya secara lengkap, dan apa aja buku2 referensinya?terimakasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: