h1

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA BANGSAL UMUM RUMAH SAKIT JIWA Prof. dr SOEROYO MAGELANG TAHUN 2008

4 Mei 2009

Nining Retnaning Tyas

ABSTRAK

Bangsal umum merupakan bangsal baru yang dibangun pada tahun 2007 di RSJ Prof. Dr. Soeroyo Magelang. Dengan latar belakang tersebut maka penulis mempunyai tujuan mengadakan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan kualitas pelayanan jasa dengan kepuasan pasien bangsal umum di RSJ Prof. dr. Soeroyo Magelang.

Penilaian kepada kualitas pelayanan jasa di rumah sakit berdasarkan pada aspek lima dimensi mutu pelayanan yaitu reliability/keandalan, responsiveness/ketanggapan, assurance/jaminan, emphaty/empati dan tangibles/kenyataan. Adapun yang menjadi variable bebas adalah kualitas pelayanan jasa dan variabel terikat adalah kepuasan pasien.

Desain penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan analisis univariate dan bivariate dengan perhitungan statistik parametris pearson product moment. Dengan populasi sebanyak 300 maka sampel penelitian ini yaitu pasien bangsal umum sebanyak 75 responden dengan tingkat kepercayaan 10% (0,1).

Berdasarkan aspek lima dimensi mutu pelayanan diperoleh bahwa aspek emphaty/empati merupakan aspek yang hubungannya paling kuat dengan nilai sebesar 0,668. Hasil korelasi antara variabel kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pasien diperoleh nilai r hitung 0,615 dan r tabel 0,296, karena r hitung > r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien korelasi pelayanan jasa dan kepuasan pasien menunjukkan hasil 0,615 berarti signifikan karena sifat korelasi rhitung positif dan menunjukkan pada tingkat hubungan yang kuat.

Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. minta lengkapnya yaaa buat kti…


  2. tlogpe skripsinya buat,,, pengantar pembuatan skripsi program studi s1. kep


  3. bagaimana cara mendapatkan penelitian ini ?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: