h1

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN POLI UMUM DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSJ. Prof.dr. SOEROYO MAGELANG TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh : Indah Nalurita Trisanti

ABSTRAK

Dalam memberikan pelayanan pendaftaran kepada masyarakat dan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan pelayanan pendaftaran, di instansi Rumah Sakit Jiwa Prof.dr. Soeroyo Magelang, maka untuk mendapatkan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan diperlukan kepuasan pasien, untuk menentukan kemajuan dan perkembangan instansi. Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Jiwa Prof.dr.Soeroyo Magelang pada bulan Agustus 2007 pasien yang berobat keseluruhan sebanyak 122 pasien yang terdiri dari laki-laki dan wanita di poli umum rawat jalan. Rata-rata rawat jalan perhari tahun 2007 yaitu 39 pasien. Wawancara pada pasien sebanyak 30 atau 90% pasien tentang kualitas pelayanan rawat jalan untuk bagian pendaftaran, seperti kurangnya ruang tunggu untuk poli umum, kebersihan lingkungan. Dalam sistem pelayanan didapatkan hasil hanya 60% pelayanan yang memuaskan,yang memiliki tingkat ideal dalam sistem pelayanan yaitu 80%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Prof.dr. Soeroyo Magelang.

Adapun jenis penelitian ini adalah deskritif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang memakai jasa pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Prof.dr. Soeroyo Magelang tahun 2008. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel random sampling dilakukan secara acak dengan jumlah responden 94 pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan wawancara. Adapun yang menjadi variabel bebas yaitu kualitas pelayanan pendaftaran, variabel terikat yaitu kepuasan pasien. Selanjutnya hasil tanggapan responden melalui kuesioner yang diberikan, dilakukan perhitungan menggunakan metode statistik dengan program SPSS Release 11,5 yaitu korelasi Spermant Rho , korelasi Product Moment dan Koefisien Determinasi.

Hasil korelasi Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan kualitas pelayanan pendaftaran yang signifikan terhadap kepuasan pasien dengan hasil thitung > ttabel yaitu 0,655 > 0,364. Nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,429; 42,9% dengan nilai sig ; 0,05 artinya kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien.

Kesimpulan : Ada hubungan kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Jiwa Prof.dr. Soeroyo Magelang.

Kata kunci : kualitas pelayanan pendaftaran, rawat jalan, kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. pengen liat lengkapnya gmn yaa???


  2. Tolong mas kirimin saya skripsi lengkapnya


  3. Gimana caranya untuk ngedapatin Skripsi ini trim’s



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: