h1

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN PRESTASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RSUD KOTA YOGYAKARTA

4 Mei 2009

Oleh : Komang Merta Surya Adnyani

ABSTRAK

Untuk  mencapai keberhasilan, suatu rumah sakit harus memperhatikan tingkat produktivitas kerja karyawannya. Dua indikator yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja adalah kepuasan kerja dan prestasi kerja. Intensitas kehadiran perawat di RSUD Kota Yogyakarta tidak sesuai dengan jam kerja yang seharusnya, masih ada pegawai yang datang terlambat yaitu datang lebih dari jam 07.30 WIB dan meninggalkan jam kerja sebelum waktunya yaitu sebelum jam 14.00 WIB. Intensitas kehadiran yang tidak sesuai dengan jam kerja yang seharusnya dapat mempengaruhi produktifitas kerja pegawai dan nantinya akan berpengaruh terhadap keberhasilan rumah sakit.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik responden, tingkat kepuasan kerja, prestasi kerja, dan tingkat produktivitas kerja, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja, mengetahui pengaruh prestasi kerja terhadap produktivitas kerja, mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan prestasi kerja terhadap produktivitas kerja, dan mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi produktivitas kerja. Penelitian ini dilakukan pada perawat yang ada di RSUD Kota Yogyakarta sebanyak 109 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan rancangan cross sectional. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan besar sampel sebanyak 85 orang, sedangkan untuk instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner. Dari hasil penelitian yang dilakukan kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda, uji t dan uji F.

Karakteristik responden menurut jenis kelamin, umur, status, tingkat pendidikan, dan masa kerja sebagian besar adalah berjenis kelamin perempuan (83,53 %), berumur 26 – 30 tahun (48,23%), berstatus sudah menikah (68,24%), tingkat pendidikan D3 (72,94%), dan masa kerja 0 – 5 tahun (44,71%). Sebagian besar perawat di RSUD Kota Yogyakarta memiliki tingkat kepuasan kerja, prestasi kerja dan tingkat produktifitas kerja yang sedang dan tinggi. Berdasarkan analisis regresi berganda, kepuasan kerja dan prestasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktifitas kerja sebesar 78,7 %, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kepuasan pasien dan kualitas pelayanan di rumah sakit. Artinya, semakin tinggi kepuasan kerja dan semakin baik prestasi kerja perawat, maka akan semakin baik pula tingkat produktifitas kerjanya. Namun, demikian terlihat bahwa prestasi kerja yang mempunyai pengaruh dominan terhadap produktifitas kerja yaitu sebesar 0,660.

Kata Kunci : KEPUASAN KERJA, PRESTASI KERJA, PRODUKTIFITAS    KERJA, PERAWAT, REGRESI LINER BERGANDA.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. ass.. sy tertarik sm skripsnya bisa minta filenya ?? makasih sebelumnya🙂


  2. saya tertarik dgn judul ini, bisa kiri proposalnya


  3. boleh mo minta kuesioner produktivitas kerja,,??


  4. MINAT PAK, BAGAIMANA CARA SAYA MENDAPATKAN LENGKAPNYA UNTUK YANG SKRIPSI INI ?


  5. keren banget penelitiannya, seandainya bersedia membagi proposalnya , sy sgt bertrimakasih, krn akan jd acuan buat tempat kerja. salam.


  6. sy tertarik dg judul anda.
    boleh minta file lengkapnya??


  7. saya interest dengan tulisan anda, boleh donk minta soft copynya lengkap untuk diterapkan di tempat kami, makasih


  8. saya mau file lengkapnya kalo masih bisa minta… email saya sudah ada ya…
    buat jaga2


  9. saya suka skripsi kamu, boleh minta duplikasinya


  10. judulnya menarik…sy juga ikut tertarik…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: