h1

Pengaruh Kemampuan Kerja Promosi Jabatan dan Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan BPRSUD Kebumen

4 Mei 2009

Oleh: Siti Yuli Fitriatun

ABSTRAK

Dalam  upaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar kesehatan yang komprehensif, bermutu tinggi, kompetitif, dan mengutamakan kepuasan bagi masyarakat, Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen, memberikan semangat kerja melalui kemampuan kerja karyawan, promosi jabatan dan kompensasi untuk meningkatkan produktifitas kerja sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai semaksimal mungkin. Untuk menciptakan kinerja yang baik, maka perlu cara untuk meningkatkan semangat kerja yaitu dengan kemampuan kerja, promosi jabatan dan pemberian kompensasi hal inilah yang dijadikan dasar untuk  meneliti. “ Pengaruh Kemampuan Kerja, Promosi Jabatan dan Kompensasi terhadap Semangat Kerja Karyawan Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen.”

Data tentang penelitian ini penulis peroleh dengan pengamatan langsung, mengambil data literatur, study kepustakaan dan penyebaran kuisioner ke karyawan. Sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Solvin sebanyak 80 karyawan dari seluruh total populasi 381 karyawan, analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas dan uji regresi linier sederhana.

Hipotesis yang penulis ajukan variabel kemampuan kerja, promosi jabatan dan kompensasi tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen dan terdapat  pengaruh signifikan variabel kemampuan kerja, promosi jabatan dan kompensasi terhadap      semangat kerja karyawan Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen.

Dari hasil olah data diperoleh uji t variabel kemampuan kerja mempunyai angka signifikan di bawah 0,05. Artinya variabel kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Kemudian variabel promosi jabatan mempunyai angka signifikan di bawah 0,05. Artinya variabel promosi jabatan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja.Variabel kompensasi mempunyai angka signifikan di atas 0,05 oleh karena itu variabel kompensai pengaruhnya tidak signifikan terhadap semangat kerja     Dari hasil penelitian di dapat hasil positif untuk kemampuan kerja karyawan dan promosi jabatan karena berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan Badan Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Kebumen.

    Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah kemampuan kerja agar selalu ditingkatkan dan di adakan promosi jabatan karena hal tersebut merupakan variabel yang signifikan dalam mempengaruhi semangat kerja pada karyawan yaitu dengan melakukan spesifikasi pekerjaan yang akan menumbuhkan semangat kerja pada karyawan dan menggambarkan kualifikasi karyawan, seperti pengalaman pengetahuan, keahlian, atau kemampuan yang disaratkan untuk melaksanakan pekerjaan.

    Kata Kunci : Kemampuan Kerja, Promosi Jabatan, Kompensasi, Semangat Kerja Karyawan, Regresi berganda 3 variabel.

    Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

    2 komentar

    1. Saya tertarik dengan penelitian ini dan saya juga ingin melalukan penelitian ini, kalo boleh saya minta lengkap nya. dan saya ingin tahu di kampus mana saudara kuliah?
      terimakasih


    2. Saya tertarik dg penelitian yg saudara lakukan, kalau boleh saya ingin mengetahui quesioner yang anda buat. Atas kerja sama yang baik saya ucapkan terima kasih



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: