h1

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN TAHUN 2008

5 Mei 2009

Oleh: Sri Lestari

ABSTRAKSI

Sumber daya manusia adalah aset yang paling penting dalam sebuah perusahaan, oleh karena itu untuk mencapai tujuan dari perusahaan diperlukan kinerja dari karyawan. Rumah Sakit Cakra Husada Klaten merupakan salah satu rumah sakit swasta yang terletak di jl. Merbabu no. 7 Klaten. Di Rumah sakit ini terjadi penurunan maupun peningkatan kinerja yang disebabkan oleh motivasi sumber daya manusia. Suatu instansi yang tidak memperhatikan aspek motivasi kerja karyawannya akan berakibat terhadap penurunan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi ( hubungan dengan penyelia atau atasan, gaji, hubungan dengan rekan sekerja, penghargaan dan pekerjaan itu sendiri) terhadap kinerja karyawan dan mengetahui faktor motivasi yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif non eksperimental dan deskriptif yang berupa perhitungan statistik dan penggambaran.

Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 22,246 + 0,391X1+0,434 X2 +0,349X3 + (-0,096) X4 + 0,499 X5. Maksudnya bahwa faktor-faktor motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Pengaruh tersebut ada yang positif dan ada yang negatif. Hal ini dibuktikan juga dari hasil perhitungan uji F, dari perhitungan diketahui bahwa F hitung > F tabel ((8,048 > 2,30). Berdasarkan hasil pengujian secara individual (uji t), maka dapat diketahui bahwa motivasi hubungan dengan penyelia atau atasan mempunyai t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,813 >1,985 dan tingkat signifikansi paling besar dibanding variabel lain (gaji, hubungan dengan rekan sekerja, penghargaan dan pekerjaan itu sendiri) yaitu sebesar 0,828. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi hubungan dengan penyelia atau atasan mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, kemudian diikuti oleh variabel lain.

Kata kunci: Faktor-faktor motivasi (hubunga dengan penyelia atau atasan, gaji, hubungan dengan rekan sekerja, penghargaan dan pekerjaan itu sendiri) – Kinerja karyawan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. boleh saya baca semuanya
    sri


  2. mhn bantuannya.. blh saya baca smua skripsinya? thanx before


  3. boleh saya baca semua??



Tinggalkan komentar