h1

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN NON MEDIS DI RSUD WATES KULON PROGO TAHUN 2008

5 Mei 2009

SEPTIANA PRIHARSARI

ABSTRAKSI

RSUD Wates merupakan rumah sakit umum yang berkembang menjadi Badan Layanan Umum (BLU) di wilayah Kulon Progo dan akan berkembang menjadi rumah sakit yang bertipe B. Untuk itu perlu adanya keterlibatan para pimpinan dalam mengefektivitaskan dan mengefisiensikan kerja karyawan sehingga mampu menciptakan produktivitas kerja yang tinggi dan mencapai rumah sakit bertipe B. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya pimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan non medis di RSUD Wates. Definisi dari gaya kepemimpinan ini adalah suatu penampilan atau karakteristik yang dimiliki oleh pimpinan RSUD Wates ( Direktur ) dalam mempengaruhi kinerja bawahannya, sedangkan produktivitas kerja adalah sikap mental yang dimiliki karyawan non medis yang selalu mempunyai pandangan bahwa mutu kehidupan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Variabel yang diteliti adalah gaya kepemimpinan ( eksploitative authoritative(X1), benevolent authoritative(X2), konsultatif(X3), dan partisipative group(X4)) dan produktivitas kerja.Subyek dalam penelitian ini adalah karyawan non medis yang telah berstatus pegawai negeri sipil dengan jumlah sample sebanyak 80 responden. Penelitian menggunakan uji regresi berganda, uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F tabel sebesar 2,494 dan F hitung 3,473, nilai koefisien determinasi (R2) 11,1%, dan nilai koefisien korelasi ganda (R) 0,395. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan non medis dengan tingkat hubungan positif dan rendah. Nilai t tabel 1,9905 dengan t hitung X1 –1,270, t hitung X2 -0,922, t hitung X3 1,608 dan t hitung X4 2,847. Hal ini menunjukkan hanya variabel partisipative group (X4) yang mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan non medis di RSUD Wates, Kulon Progo.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Produktivitas Kerja, Partisipative Group

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. saya jg tertarik dengan judul ini. tolong dong krimkan…..


  2. saya tertarik dengan judul penelitian ini, mohon anda dapat mengirimkan file penelitian ini ke alamat email yang sudah saya sebutkan sebelumnya. terimakasih


  3. saya sangat tertarik dengan judul ini bisa minta tolong kirimin………..plis,,,,,,,,,,



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: